8 Investasi yang Menguntungkan Buat Masa Depan Kamu

Di masa pandemi seperti ini, pasti ada keinginan untuk melakukan investasi yang menguntungkan buat masa depan. Apalagi, melihat kondisi ekonomi yang hingga sekarang belum juga stabil. 

Kamu nggak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak sekali pilihan investasi yang menguntungkan khusus untuk pemula seperti kamu. 

Kamu bisa memilih berbagai jenis investasi dengan risiko yang paling kecil hingga risiko yang besar, seperti emas, reksadana, hingga saham. Semuanya akan menguntungkan apabila kamu tahu cara melakukannya.

Dibandingkan hanya menyimpan uang saja di bank dengan suku bunga kecil, kamu bisa melakukan investasi agar uang yang kamu miliki bisa bertambah. 

Berikut ini beberapa rekomendasi investasi yang menguntungkan buat masa depan dengan modal kecil dan cocok untuk pemula. 

1. Emas

Investasi emas hingga kini masih saja menjadi primadona bagi kebanyakan orang. Sebab, emas adalah salah satu jenis investasi yang minim risiko, fluktuatif namun cenderung naik dari tahun ke tahun, dan keuntungannya pun cukup banyak.

Jenis investasi ini cocok dilakukan bagi kamu yang memang ingin berinvestasi dalam jangka waktu panjang, yakni selama 10-20 tahun. 

Apabila kamu berinvestasi dan berharap menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu 1-2 tahun, sebaiknya memilih jenis investasi lainnya. 

Beberapa keuntungan investasi emas, sebagai berikut ini:

  • Tingkat likuiditasnya cukup tinggi, sehingga mudah dijual lagi apabila sedang membutuhkan dana cepat.
  • Minim risiko dan kemungkinan mengalami kerugian pun sangat kecil.
  • Transaksi jual beli bisa dilakukan di mana saja, seperti Antam dan Pegadaian. Kamu juga bisa bertransaksi secara online.
  • Modalnya pun cukup kecil dengan produk tabungan emas, yakni mulai dari Rp8.600 kamu sudah bisa menabung emas.

2. Deposito

Selain emas, investasi deposito juga masih banyak diminati karena minim risiko. Selain itu, investasi deposito juga sudah pasti akan mendapatkan keuntungan dengan bunga rata-rata 4-5% per tahun bergantung pada kebijakan masing-masing bank.

Investasi deposito juga cukup aman karena ada jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga, apabila bank tempat kamu menaruh deposito bankrut, maka uang deposito kamu akan dikembalikan maksimal Rp2 miliar.

Kekurangannya, deposito ada jangka waktunya. Sehingga kamu tidak bisa menarik tabungan kamu kapan saja. Jangka waktu yang disediakan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan.

3. Reksa Dana

Reksa dana juga salah satu jenis investasi dengan modal yang kecil. Kamu bisa memulai investasi reksa dana dengan modal mulai dari Rp10 ribu saja. 

Bagi seorang pemula, investasi ini cocok karena risikonya masih kecil. Kamu juga tak perlu khawatir karena dana yang kamu investasikan akan dikelola oleh manajer investasi, sehingga risiko rugi sangat kecil. 

Agar keuntungan kamu bisa maksimal, kamu bisa memilih reksa dana saham dengan timbal balik yang lebih besar. 

Namun, saat memilih manajer investasi, jangan dilakukan sembarangan, ya. Pastikan kamu memilih manajer investasi terbaik yang sudah terpercaya dan diawasi OJK. 

4. Properti

Apabila kamu memiliki tabungan yang lebih, kamu bisa memulai investasi properti, mengingat harga properti terus naik dari tahun ke tahun.

Beberapa ide investasi properti seperti, membeli rumah kemudian dikontrakan, atau dijadikan kos-kosan. Kamu juga bisa membeli properti untuk kemudian dijual kembali beberapa tahun kemudian dengan harga yang lebih mahal dan pastinya menguntungkan.

Kekurangan dari investasi ini adalah perlu modal yang cukup besar dan sulit dicairkan apabila membutuhkan dana cepat. 

Pastikan properti yang kamu beli memiliki lokasi yang strategis dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

5. Saham

Investasi jangka panjang yang memiliki keuntungan besar adalah saham. Keuntungan dari investasi saham biasa diperoleh dari dua hal yakni dividen dan juga capital gain.

Dividen adalah keuntungan yang diberikan oleh perusahaan pada investor yang melakukan investasi. Sedangkan capital gain adalah keuntungan yang kamu peroleh dari transaksi jual beli saham. 

Meskipun keuntungan yang didapatkan cukup menggiurkan, kamu juga wajib tahu apabila risiko dari saham ini cukup tinggi. Sehingga, jangan coba-coba bermain saham apabila kamu tidak memiliki ilmunya. 

Keuntungan dari investasi saham ini didasarkan pada kondisi ekonomi dan juga politik saat itu. Namun, kini sudah banyak platform fintech yang membantu kamu berinvestasi saham dengan aman dan juga menguntungkan. 

6. Obligasi

Mungkin kamu sudah sering mendengar terkait investasi obligasi. Obligasi adalah surat utang jangka panjang atau jangka menengah yang bisa dipindah tangan dan bisa diperjual belikan di Bursa Efek Indonesia.. 

Beberapa jenis obligasi yang terdaftar seperti obligasi pemerintah, Obligasi Ritel Indonesia (ORI), dan obligasi korporasi.

Jenis investasi ini juga cukup aman karena apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka kamu akan menerima jaminan berupa aset milik pemerintah.

Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan obligasi yang dilakukan di Bursa Efek Indonesia.

Obligasi juga termasuk investasi jangka panjang dengan waktu mulai dari 1-10 tahun. 

7. Peer to Peer Lending

Sebagai pemula, mungkin kamu masih awam dengan investasi jenis ini. Investasi peer to peer lending adalah salah satu investasi yang cukup menarik dengan keuntungan yang tinggi.

Investasi ini dilakukan dengan memberikan jaminan sekaligus menawarkan investasi antara pihak pemberi pinjaman dan juga pihak peminjam. 

Nantinya, pihak peminjam akan mengelola dana dari pemberi pinjam yang digunakan untuk membangun usaha, kemudian keuntungannya akan diberikan pada pemberi pinjaman. 

Keuntungan yang diberikan cukup tinggi yakni di atas 10 persen. Namun, tetap waspada karena risiko investasi ini cukup tinggi.

8. Bitcoin

Investasi bitcoin belakangan cukup populer. Hal ini karena keuntungan yang ditawarkan cukup menggiurkan, dimana valuasinya cukup tinggi dari waktu ke waktu.

Bitcoin sendiri adalah mata uang elektronik yang penggunaannya tanpa menggunakan perantara seperti jasa bank. Sistem kerjanya pun mengadopsi cara peer to peer lending.

Nah, itu dia beberapa investasi yang menguntungkan buat masa depan yang bisa kamu coba. Selamat berinvestasi.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.