JP Morgan dan ABN Amro Percaya diri Pada Kekuatan NZD/USD

Pasangan mata uang NZD/USD menurun sepanjang minggu ini, dan barusan bergerak kembali lagi ke arah 0.7200-an karena kemerosotan USD saat launching laporan NFP 4/6/2021.

Tetapi, beberapa riset dari beberapa bank investasi terpenting dunia malah memandang dolar New Zealand berpotensi esensial kuat untuk hadapi USD.

Ada dua hal yang menyokong status dolar New Zealand di depan.  Pertama, arah peraturan bank sentra New Zealand RBNZ yang condong lebih hawkish dibanding beberapa bank sentra mayor yang lain. Ke-2 , peningkatan harga susu dan turunannya -komoditi export khusus New Zealand-.

Kami tingkatkan prediksi kami untuk dolar New Zealand, kata Georgette Boele, ahli taktik mata uang senior di ABN Amro, RBNZ menerbitkan prediksinya untuk OCR dalam informasi hasil pertemuan peraturannya lalu.

Ini memperlihatkan jika OCR peluang akan naik pada paruh ke-2 tahun 2022. Ini tingkatkan harapan peningkatan suku bunga dan memberikan dukungan dolar New Zealand.

Proyeksi-proyeksi ini lebih hawkish dari harapan kami. Saat ini bisa saja RBNZ akan meningkatkan suku bunga bisa lebih cepat dibanding The Fed dan lebih dahulu dibanding ECB, lebih Boele.

Karenanya kami sudah sesuaikan prediksi kami untuk dolar New Zealand. Kami saat ini memprediksi keunggulan dolar New Zealand versi dolar AS dan versi euro.

ABN Amro memprediksi kurs NZD/USD di akhir Juni akan ada pada 0.72, sedang pada tahun akhir akan capai 0.73. EUR/NZD diprediksi akan jatuh ke 1.65 di akhir Juni, dan ke arah 1.58 pada tahun akhir.

Beberapa riset dari JP Morgan sampaikan opini seirama mengenai peranan arah peraturan RBNZ untuk menyokong kurs dolar New Zealand dalam periode pendek. Mereka menambah jika RBNZ betul-betul meningkatkan suku bunga pada 2022.

Karena Itu RBNZ ambil perlakuan lebih cepat dibanding sebagian besar bank sentra negara maju, sama yang pernah dilakukan di tahun 2014. Cara RBNZ pada 2014 sempat pernah melesatkan NZD/USD sampai hampir capai 0.90.

Menurut JP Morgan, salah satunya factor simpatisan lain yang serupa di antara 2014 dan saat ini ialah harga susu dan turunannya. Harga produk susu dan turunannya sudah melejit 30 % dalam enam bulan akhir, hingga memberikan keuntungan neraca perdagangan New Zealand.

JP Morgan memprediksi kurs NZD/USD akan capai 0.74 di akhir Juni 2021, selanjutnya turun ke 0.70 pada tahun akhir. Sedang AUD/NZD diprediksi berkesempatan turun sampai 1.03.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.