Jumat Agung Tidak Menghentikan Kenaikan GBPUSD Ke Puncak 23 Maret

Saat sesi akhir Asia hari Jumat (2/4) pasangan GBPUSD hari ini berhasil menguat menuju ke puncak tertinggi sejak 23 Maret lalu. Jumat Agung tidak membuat para pembeli menghentikan aksinya dan membawa Pound unggul lebih tinggi. Pelemahan Dolar AS menjadi katalis utama dibalik kenaikan bersama dengan beberapa optimisme dari dalam negeri Inggris.

Pemerintah Inggris sambil menjalankan program stimulus, dilaporkan memberikan bantuan untuk sektor hiburan seni. Dana yang disiapkan dalam program hibah dan juga pinjaman itu memiliki nilai sampai 400 juta GBP. Ini tentu membuat optimisme pemulihan ekonomi Inggris menjadi meningkat dan membawa GBPUSD hari ini melonjak.

Belum lagi banyak juga dorongan agar pemerintah merilis bantuan fiskal untuk membantu banyak sektor. Bersama dengan semua upaya itu, pemerintah juga terus melonggarkan lockdown setelah vaksin dinilai sangat efektif memerangi virus. Rangkaian data Inggris mengenai IMP dan PDB juga memberikan sinyal ekonomi yang memuaskan. Laporan hasil uji klinis terbaru dari Pfizer juga membuat pasar cukup optimis dan meningkatkan nada pembelian Poundsterling Inggris.

Beban Risiko Masih Ada

Namun semua optimisme ini masih harus menghadapi ancaman risk off ketika masalah Inggris dan China terus memanas. Apalagi hubungan AS juga panas setelah China menghukum aktivitas Hong Kong. AS mungkin akan merangkul negara barat termasuk Inggris untuk memberikan hukuman kepada China yang bisa berdampak lebih signifikan lagi.

Aksi kenaikan GBPUSD hari ini masih diharapkan akan terjadi lebih lama lagi. Namun tantangan berikutnya akan datang dari AS pada rilis data NFP nanti malam. Data ini selalu dinilai mampu memberikan kejutan yang besar bagi pasar. Sehingga bagaimanapun akan sangat diperhatikan dan ditunggu sebagai sumber katalis penggerak di tengah Jumat Agung yang sepi data ekonomi.

Leave a Comment

Copyright © 2023. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.