Kenaikan Komoditas dan Perubahan Peringkat Kredit Membawa NZDUSD Melompat

Lembaga pemeringkat utama yaitu Standard & Poor’s atau dikenal dengan S&P, mengubah peringkat kredit New Zealand menjadi lebih baik. Awalnya ditetapkan pada level AA dan kemudian saat ini menjadi AA+. Sontak setelah perubahan itu, permintaan terhadap Dolar New Zealand langsung mencatatkan penguatan dan membawa NZDUSD hari ini naik lebih tinggi.

Sementara itu lembaga mengatakan bahwa mereka merasa percaya metrik kredit dari pemerintah akan menghalau semua risiko penurunan ekonomi. Kemudian ditambahkan dari sisi positif, bahwa negara New Zealand berhasil menangani pandemi dengan sangat baik. Atas itu juga, diharapkan bahwa ekonomi New Zealand mampu bangkit lebih cepat jika dibandingkan dengan negara maju lainnya.

Sebelum perubahan peringkat kredit yang lebih baik, NZDUSD hari ini telah melonjak menuju ke puncak di 0,7338. Level itu menjadi puncak yang paling tinggi sejak terakhir kali dicapai pada April 2018 lalu. Bullish ini juga merupakan aksi kenaikan yang berkelanjutan beberapa waktu sebelumnya.

Harga Komoditas Naik

Selain akibat perubahan peringkat kredit yang lebih baik, Dolar New Zealand hari ini juga terbantu oleh sentimen risiko yang optimis. Para pelaku pasar dan investor tampak masih menjaga pembelian di sekitar mata uang komoditas seperti CAD, AUD dan juga NZD. Mengingat harga komoditas sendiri juga sedang dalam kenaikan yang sangat tinggi sekali. Sehingga pembelian pada mata uang komoditas juga naik dan mengirim NZDUSD hari ini lebih tinggi.

Sementara itu, ahli analisa JP Morgan sebelumnya pada awal bulan sempat memberikan prediksi yang tampaknya tepat. Dikatakan bahwa saat ini komoditas global sedang dalam sebuah siklus super terbaru dengan terjadi kenaikan tahunan. Ada beberapa katalis yang membantu harga komoditas jadi lebih tinggi diantaranya seperti optimisme vaksinasi global dan juga langkah stimulus ekonomi yang direncanakan oleh AS.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.