Kenaikan NZDUSD Terbebani Oleh Kenaikan Yield Treasury AS, Menunggu Katalis Data

Saat pertengahan sesi dagang kawasan Eropa di hari Rabu (3/2), pasangan NZDUSD hari ini tampak harus rela menghapus bias kenaikan sebelumnya. Dolar New Zealand melemah dan membawa pasangan terjun menjauh dari puncak paling tinggi mingguan. Saat ini pasangan bergerak di kisaran nilai tukar 0,7200 sambil menunggu katalis berikutnya.

Sebelumnya NZDUSD hari ini sempat mengalami kenaikan dengan mencatatkan penambahan sampai 60 pip dari 0,7135. Bahkan sepanjang sesi Asia, Kiwi tampak mendapatkan dorongan-dorongan tambahan untuk mendominasi pergerakan. Suasana hari pasar yang optimis telah membantu Kiwi menguat dan Dolar AS dalam nada penjualan.

Salah satu pendukung suasana yang optimis tadi pagi adalah harapan pada dana stimulus fiskal AS yang kembali meningkat. Berdasarkan laporan terbaru, Partai Demokrat bergerak maju membawa paket stimulus yang diajukan oleh Presiden Biden. Kemudian membuak pembicaraan penting pada masalah anggaran fiskal 2021 ini dengan instruksi belanja khusus virus Corona.

Kemudian NZDUSD hari ini semakin bergerak lebih tinggi sampai ke puncak mingguan ketika data ketenagakerjaan dalam negeri membaik. Tingkat pengangguran di New Zealand mengalami penurunan sampai menuju 4,9% pada Q4 2020. Data itu sangat jauh dari apa yang diprediksi sebelumnya yaitu kenaikan ke 5,6% dan laporan sebelumnya pada 5,3%.

Kenaikan Yield Treasury Membawa NZDUSD Turun

Sayangnya upaya kenaikan yang terus dibangun sejak sesi Asia tidak mampu dipertahankan lebih lama lagi. Pada akhirnya NZDUSD harus memangkas beberapa kenaikan tersebut setelah permintaan Dolar AS yang kembali mendominasi pasar. Kali ini Dolar AS mendapatkan manfaat ketika imbal hasil obligasi Treasury AS mengalami kenaikan.

Pergerakan berikutnya, para pelaku pasar dan investor akan mencoba mencari petunjuk dari rilis data ekonomi AS. Akan ada rilis data mengenai IMP sektor Jasa ISM dan pasar juga menunggu berita pembaruan dana stimulus AS.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.