9 Manfaat Investasi Saham yang Perlu Kamu Tahu

Saat ini banyak orang mulai tertarik melakukan investasi saham. Tetapi tidak sedikit juga yang masih ragu-ragu dengan manfaat investasi saham.

Sebagian berpikir investasi saham memang menawarkan keuntungan tinggi, tetapi risiko kerugiannya juga besar jika tidak pandai bermain saham.

Hal ini pula yang membuat masyarakat urung melakukan investasi saham, khususnya masyarakat yang enggan mengambil risiko.

Akhirnya, mereka yang berinvestasi saham, hanya mereka yang sudah memiliki pemahaman tentang instrumen tersebut. 

Padahal, manfaat investasi saham cukup beragam. Tidak hanya memberikan keuntungan tinggi, tetapi bermanfaat untuk persiapan tabungan masa depan dan sebagainya.

Lalu apa saja sebetulnya manfaat investasi saham dibandingkan jenis instrumen investasi lainnya? Berikut ulasan manfaat yang bisa didapatkan masyarakat dari investasi saham!

Manfaat Investasi Saham

1. Mendapatkan Keuntungan

Manfaat investasi saham bagi masyarakat adalah mendapatkan keuntungan. Sebagaimana tujuan seseorang melakukan investasi saham, sudah tentu mereka mengharapkan sebuah keuntungan.  

Investasi saham ini merupakan salah satu instrumen investasi yang menawarkan keuntungan besar dibandingkan jenis investasi lainnya. 

Ada dua keuntungan yang ditawarkan investasi saham, yakni dividen. Artinya pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham secara rutin.

Keuntungan lain adalah capital gain yakni keuntungan yang diperoleh dari selisih yang didapat saat pemegang saham menjual saham lebih tinggi dibandingkan saat harga beli.

Meskipun terdapat risiko kerugian dari investasi saham berupa capital loss atau selisih antara harga beli lebih tinggi dengan saat harga jual serta risiko likuidasi, tetapi risiko ini  bisa diminimalkan dengan menggali pengetahuan tentang saham dan membeli saham perusahaan dengan reputasi baik.

2. Investasi Jangka Panjang 

Manfaat investasi saham berikutnya adalah bisa menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan. 

Meskipun investasi saham bisa digunakan untuk investasi jangka pendek atau menengah, tetapi sifatnya investasi saham membuatnya cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Karena itu, investasi saham tepat menjadi alternatif jika investor memiliki tujuan mempersiapkan tabungan di masa mendatang. 

Hanya saja, untuk memastikan investasi saham bisa memberikan manfaat keuntungan di masa depan, investor harus mencermati dan menganalisa jenis saham yang akan dibelinya. 

Sebab, pemilihan saham maupun perusahaan yang tidak tepat, akan berpengaruh terhadap manfaat yang didapat investor. 

3. Menambah Pemasukan

Salah satu manfaat investasi saham adalah menjadi salah satu pemasukan tambahan. Jika investasi saham dilakukan dengan tepat sehingga mendapatkan keuntungan, akan menjadi salah satu sumber pemasukan rutin.

Pemasukan ini juga akan bertambah seiring dengan makin besarnya persentase kepemilikan saham dan nilai saham yang semakin meningkat. 

Sudah terbukti beberapa dari mereka yang berhasil dengan investasi saham, mengandalkan investasi saham sebagai sumber penghasilan utama.

4. Membuat Nilai Uang Bertambah

Manfaat investasi saham berikutnya adalah membuat nilai uang yang dimiliki bertambah. 

Jika dibandingkan menyimpan uang dengan nilai yang sama di bank, jumlah bunga yang diterima tidak sebanding dengan jumlah potongan biaya administrasi bank, sehingga peluang bertumbuh tidak sebanyak saat investasi saham.

Tetapi dengan investasi saham, uang yang ditanamkan di saham perusahaan nilainya akan semakin naik seiring waktu di pasar saham.

5. Tahan Terhadap Inflasi 

Manfaat investasi saham sebagai instrumen investasi adalah sifatnya yang tidak terlalu terpengaruh signifikan dengan laju inflasi. 

Jika terjadi inflasi dan saham mengalami penurunan, tidak membuat saham turun secara signifikan. Alih-alih tergerus laju inflasi, saham dalam jangka panjang justru memberikan keuntungan berlipat.

6. Sebagai DIversifikasi Investasi 

Manfaat investasi saham lainnya adalah bisa menjadi pilihan alternatif untuk diversifikasi atau penganekaragaman investasi. 

Dalam berinvestasi memang disarankan untuk menaruh dana di berbagai jenis investasi untuk menghindari kerugian jika terjadi ketidakstabilan ekonomi.

Investasi saham ini menjadi salah satu jenis investasi yang membantu investor mendiversifikasi portofolio investasinya sesuai dengan nilai dan kebutuhan yang diharapkan investor.

7. Mudah dan Fleksibel (Heading 2)

Investasi saham dikenal dengan investasi yang mudah dan fleksibel. Tidak hanya mengeluarkan tenaga dan waktu yang banyak, kini melalui daring, investor sudah bisa mendaftar dan membeli saham bahkan menjualnya.

Begitu juga dalam memantau pergerakan transaksi pasar saham, bisa dilakukan di mana pun sambil melakukan pekerjaan lain.

8. Persiapan Dana Darurat Maupun Pensiun

Manfaat investasi saham lainnya, investasi saham juga bisa menjadi persiapan dana darurat ketika dibutuhkan hingga dana pensiun. 

Investasi saham yang dikenal investasi jangka panjang ini cocok sebagai dana cadangan darurat dan dana pensiun untuk menyiapkan finansial di masa mendatang.

9. Investasi Aman dan Transparan 

Manfaat investasi saham berikutnya adalah sebagai pilihan investasi yang aman bagi masyarakat. 

Investor tak perlu cemas, selama memilih perusahaan sekuritas terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab, transaksi investasi saham di Bursa Efek Indonesia dijamin aman karena sifatnya transparan.

Investor bisa melihat langsung pergerakan saham termasuk kepemilikannya sendiri, tanpa khawatir dananya disabotase atau diselewengkan oleh perusahaan. 

Namun demikian, investor harus tetap berhati-hati saat memilih perusahaan sekuritas yang belum terdaftar di OJK yang menawarkan iming-iming keuntungan di batas normal. 

Pastikan perusahaan sekuritas tempat kamu bertransaksi terdaftar di OJK dan memiliki reputasi dan riwayat transaksi investasi yang baik. Jangan sampai investor terjerat dengan investasi bodong.

Demikian ulasan mengenai manfaat investasi saham bagi masyarakat. Ternyata, beragam manfaat bisa didapatkan investor jika memilih berinvestasi saham.

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.