Masalah Inggris-Uni Eropa Membawa GBPUSD Turun Sambil Menunggu Pertemuan BoE

Pada sesi akhir Asia, pasangan mata uang GBPUSD hari ini tampak terus dikuasai oleh aksi penjualan yang cukup kuat. Bahkan dengan Poundsterling Inggris yang terus melemah ini, pasangan telah mencatatkan kinerja yang suram selama lima hari tanpa. Aksi ini sepertinya merupakan sebuah langkah pasar menjelang pertemuan bank sentral Inggris tiga bulan sekali yang akan berlangsung.

Ketakutan pasar telah membawa pasangan GBPUSD hari ini terjun sampai menuju ke titik paling rendah sejak 19 Januari kemarin. Kemudian kondisi penurunan semakin kuat ketika Dolar AS sedang dalam pembelian yang signifikan.

Dolar AS Melumpuhkan Pound

Sejak tadi malam, pergerakan indeks Dolar AS terus membaik menuju ke puncak dua bulan terakhir. Pasar merasa cukup senang ketika data ADP Ketenagakerjaan AS semalam dan data IMP Jasa ISM dilaporkan lebih baik. Kemudian pertemuan antara Menkeu Yellen dengan SEC AS juga membantu pasar beralih ke Dolar AS.

Dari sisi lain, GBPUSD hari ini juga terbebani ketika Uni Eropa menyatakan penolakan meski tidak langsung pada permintaan Inggris masalah perbatasan. Sebelumnya memang masalah Brexit terus berhembus kembali meski sudah disahkan dalam sebuah kesepakatan. PM Boris ingin Irlandia Utara menerima manfaat atas Brexit ini.

Uni Eropa juga mengungkapkan kekhawatirannya jika menjalin kerja sama bisnis dengan Inggris. Sebab varian virus Corona baru Inggris cukup membahayakan dan perusahaan asal Inggris juga masih dilanda krisis yang berat.

Walaupun Inggris sendiri sebenarnya menjadi negara dengan vaksinasi yang paling masif mencapai 10 juta. sayangnya pasar masih takut dengan strain baru yang berasal dari Afrika Selatan. Arah GBPUSD selanjutnya akan menunggu bagaimana keputusan kebijakan terbaru dari BoE pada pertemuan kuartalan. Lalu berita stimulus ekonomi AS juga akan diperhatikan.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.