9 Alasan Mengapa Investasi Emas Lebih Menguntungkan

Semakin berkembangnya instrumen investasi masa kini membuat eksistensi emas sendiri yang sudah menjadi aset berharga selama ribuan tahun lamanya kian dipertanyakan. Mengapa investasi emas lebih menguntungkan dibandingkan instrumen investasi lainnya?

Sebut saja reksadana, saham, hingga properti, ada banyak instrumen investasi yang memberikan hasil lebih baik dibandingkan emas tetapi tetap saja investasi emas yang paling menguntungkan dan menggiurkan.

Banyak orang beranggapan bahwa emas merupakan instrumen investasi safe haven.

Maksudnya adalah sebagai pilihan investasi, aset emas sering menjadi tujuan terakhir para investor saat kondisi perekonomian nasional ataupun dunia sedang banyak risiko ketidakpastiannya.

Emas dinilai menjadi instrumen investasi yang stabil bahkan nilainya selalu bertambah setiap tahunnya. Bahkan, di awal pandemi di tahun 2020 nilainya telah mencapai Rp1 juta per gramnya.

mengapa investasi emas lebih menguntungkan

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini alasan mengapa investasi emas lebih menguntungkan dibandingkan instrumen investasi lainnya.

1. Kenapa emas tahan inflasi?

Alasan pertama mengapa investasi emas lebih menguntungkan adalah karena emas merupakan instrumen investasi yang tahan inflasi. Pertanyaan selanjutnya yang lahir justru, kenapa emas tahan inflasi?

Pasalnya, sejak dulu  sampai saat ini emas memiliki nilai yang stabil. Saat nilai mata uang sedang naik-turunnya atau bahkan saat perekonomian dunia mengalami resesi, emas tetap memiliki nilai yang stabil.

2. Nilainya juga bersifat universal

Emas dan perak memiliki nilai intrinsik sehingga keberadaannya juga akan dihargai di mana saja, mengapa? 

Sebab sifatnya yang universal. Karena keuniversalannya ini emas dinilai lebih mampu memberikan kepastian dan keamanan finansial dibandingkan instrumen investasi lainnya.

3. Selalu memiliki peminat yang tinggi

Karena nilainnya yang universal dan tahan inflasi ini, semakin banyak investor baik pemula atau yang sudah mahir, berbondong-bondong berinvestasi emas. Padahal, sudah sedikit para penambang yang mengerjakan proyek gali emas karena satu dan lain hal.

Kendati demikian, permintaannya justru semakin bertambah setiap tahunnya. Ada banyak platform yang menyediakan kemudahan berinvestasi emas, baik melalui transaksi keuangan, tabungan atau platform khusus transaksi investasi emas.

Bukan hanya di situ saja, ada banyak sektor industri yang juga melirik segarnya bisnis investasi emas sehingga menambah permintaan emas yang cukup signifikan dan meningkat.

4. Tingkat likuiditas emas tinggi

Emas dinilai memiliki tingkat likuiditas yang tinggi dibandingkan instrumen investasi lainnya. Sebab, seperti yang sudah dipaparkan bahwa emas memiliki nilai universal di mana kehadirannya akan bernilai dan dihargai di mana saja.

Oleh sebab itu, akan lebih mudah untuk mencairkan emas menjadi uang dibandingkan investasi yang lain. Emas juga mudah dijual pada orang lain karena nilai fluktuatifnya yang rendah dibandingkan saham.

5. Investasi emas adalah investasi aman dari ketidakpastian geopolitik

Alasan lain mengapa investasi emas lebih menguntungkan adalah sebagai komoditas krisis, emas dinilai cenderung stabil saat terjadi ketidakpastian geopolitik dibandingkan investasi lain. 

Saat dunia sedang dilanda ketegangan atau situasi terdekat saja, di saat masyarakat kehilangan kepercayaan kepada pemimpin dan pemerintah, di saat itulah nilai emas akan tetap stabil bahkan cenderung meningkat. 

Jadi, kita bisa terhindar dari rasa cemas dan khawatir akan berkurangnya aset.

6. Bisa diwariskan dari generasi ke generasi lainnya

Seluruh pilihan instrumen investasi memang baik untuk mempersiapkan finansial lebih baik di masa depan, terlebih menjadi warisan untuk keturunan kita. Akan tetapi, hanya investasi emas yang paling menguntungkan.

Sebab, aset yang satu ini memiliki ketahanan nilai yang sudah dijabarkan sebelumnya. Bahkan, mungkin saja emas akan diapresiasi lebih tinggi dari waktu ke waktu akibat dampak dari kelangkaan emas. 

Karenanya, emas tepat sekali menjadi aset yang diwariskan ke generasi sesudah kita.

7. Diversifikasi investasi emas

Emas merupakan salah satu logam berharga yang bertekstur lunak dengan kepadatan dan titik cair yang tinggi sehingga mudah dibentuk. 

Hal ini yang memudahkan kita menjumpai produk-produk emas dalam berbagai bentuk. Misalnya saja dalam bentuk emas batangan ataupun perhiasan sehingga keramik yang terbuat dari emas. 

8. Investasi emas hanya ada kita dan emas

Ada banyak cara menabung emas yang menguntungkan yang mudah kita baca di internet. Dari semua cara itu, bisa disimpulkan bahwa berinvestasi emas hanya memerlukan dua komponen yakni emas sebagai objek aset investasi dan kita sebagai subjek investor.

Sedangkan pihak ketiga lain seperti konsultan keuangan atau lembaga keuangan yang biasanya diperlukan di instrumen investasi lain, justru kita belum memerlukan mereka saat berinvestasi emas.

Sehingga rasa privasi akan aset investasi lebih tinggi dan sedikit sekali orang luar yang mengetahui nilai aset investasi kita yang sebenarnya.

9. Mudahnya investasi emas di masa kini

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cukup pesat ternyata cukup berpengaruh terhadap dunia perekonomian dan keuangan terutama investasi. Kini, ada banyak acara yang bisa dilakukan untuk berinvestasi di rumah melalui aplikasi.

Tak terkecuali emas. Ada banyak platform yang menyediakan kemudahan investasi emas. Mulai dari membeli emas ataupun menabung emas, ada banyak fitur dari platform-platform tersebut yang bisa kita manfaatkan untuk berinvestasi emas.

Bahkan, tak jarang dari platform-platform tersebut memberkan kemudahan dengan menabung emas mulai dari Rp500 saja.

Harganya yang cukup murah ditambahkan mudahnya jangkauan dan akses sehingga banyak sekali para investor pemula yang berniat berinvestasi emas.

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.