Minyak Mentah Naik Membawa USDCAD Terjun Bersama Pelemahan Dolar AS

Mata uang Dolar Kanada hari ini tampaknya mampu mendominasi pergerakan di atas Dolar AS di sesi Asia Rabu (13/1). Dominasi Loonie itu berhasil mengirimkan pasangan USDCAD terjun sampai ke nilai tukar 1,2703 atau kehilangan 0,06%. Penurunan pasangan USDCAD ini juga menjadi yang pertama sejak empat hari terakhir.

Untuk penguatan Dolar Kanada hari ini mungkin disebabkan oleh posisi Dolar AS yang berada pada level yang lebih rendah sejak Selasa kemarin. Selain itu Loonie juga menerima keuntungan setelah data pasokan energi di AS turun dan mendorong harga energi melonjak tinggi.

Minyak Mentah Membantu Loonie

Untuk saat ini dalam pergerakan harian, minyak mentah telah mencetak kenaikan sampai 0,90% menuju ke level harga 53,65 atau naik 0,90%. Kenaikan ini juga menandai titik yang paling tinggi sejak Februari 2020 atau sekitar 11 bulan yang lalu. Pasokan energi AS dari API semalam turun banyak dan didukung juga oleh keputusan Arab Saudi untuk memangkas produksi secara sukarela.

Langkah itu diambil oleh pimpinan OPEC agar bisa menyeimbangkan kembali jumlah permintaan ketika pandemi masih cukup suram. Bahkan banyak ahli analisa yang mengatakan di 2021 bisa saja terjadi defisit pasokan yang mampu mengerek harga minyak jadi lebih tinggi.

Terlepas dari kenaikan energi yang membuat Dolar Kanada hari ini bullish, pelemahan Dolar AS juga berkontribusi besar pada penurunan USDCAD. Indeks Dolar AS mencetak penurunan 0,08% menuju ke 89,96 setelah optimisme dana stimulus dan gejolak politik di pemerintah AS.

Posisi imbal hasil obligasi Treasury dalam 10 tahun yang turun juga membawa Indeks Dolar AS menjadi lebih rendah. Dolar AS mungkin akan mengambil petunjuk selanjutnya dari rilis data IHK nanti malam dan pembaruan arah risiko.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.