Neraca Perdagangan Tumbuh, AUDUSD Melonjak Mengabaikan Penurunan Pasar Saham

Mata uang Dolar Australia berhasil mendominasi pergerakan di atas Dolar AS ketika masih sesi awal Asia hari Kamis (4/3). Dominasi itu telah mampu membantu pasangan AUDUSD hari ini untuk mencatatkan kenaikan ke nilai tukar 0,7775. Aksi ini juga merupakan pemulihan dari titik paling rendah harian yang ada di sekitar 0,7752.

Katalis utama yang membantu Dolar Australia mendominasi adalah data perdagangan yang mengesankan. Bahkan para pembeli Dolar Australia juga telah mengabaikan laporan data penjualan eceran yang lebih rendah. Untuk data penjualan eceran tersebut, berada dalam penurunan ke 0,5% dari prediksi awal yang berada di 0,6%.

Surplus Meningkat

Sementara itu data yang membantu AUDUSD hari ini adalah Neraca Perdagangan yang sangat mengesankan. Data itu mencatatkan pertumbuhan sampai 10.142 juta AUD lebih tinggi dari prediksi awal di 6.500 juta AUD dan sebelumnya pada 6.758 juta AUD. Hal itu menjadi gambaran bahwa tingkat ekspor lebih tinggi dibandingkan impor. Bisa diartikan bahwa permintaan dari luar negeri mengalami kenaikan.

Sayangnya aksi kenaikan AUDUSD hari ini tampak kurang mendapatkan dorongan tambahan karena kondisi yang sangat tenang. Pasar masih menaruh kekhawatiran setelah ECB tampak menolak langkah pada pasar obligasi. Namun aksi penguatan Dolar Australia bisa terjadi lebih panjang setelah adanya kemajuan positif mengenai dana anggaran Inggris dan dana stimulus AS/

Konflik yang terjadi antara AS dan China sepertinya juga semakin memanas setelah adanya aksi peretasan yang mengancam. Bersama suasana yang stabil ini, beberapa saham seperti ASX 200 mengalami penurunan sampai 0,77% dan S&P 500 turun 0,17%. Jika kondisi pasar saham terus turun, maka bisa saja pasangan AUDUSD akan dalam bias penurunan kembali. Beberapa data ekonomi AS nanti malam akan menjadi perhatian utama.

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.