NZDUSD Bertahan Di Puncak Meski RBNZ Orr Menolak Rekomendasi Pemerintah

Pasangan mata uang NZDUSD hari ini sepertinya secara penuh mengabaikan apa yang disampaikan oleh RBNZ Orr. Mata uang Dolar New Zealand tetap dalam penawaran pembelian dan masih berada di kawasan paling tinggi dalam harian. Sebelumnya pemerintah memberikan rekomendasi agar RBNZ menambahkan harga perumahan sebagai salah satu faktor penentu arah kebijakan moneter. Pasca adanya berita itu mata uang Kiwi langsung mengalami penguatan besar.

Kiwi Mengabaikan Penolakan RBNZ Orr

Namun pada akhirnya menjelang pembukaan pasar Eropa, Gubernur RBNZ Orr memberikan respon. Dia memilih untuk menolak rekomendasi yang disampaikan pemerintah tersebut. Orr berargumen bahwa saat harga rumah menjadi salah satu penentu kebijakan dan berdampak ke inflasi, kebijakan dan keuangan tidak akan cukup untuk menyelesaikan masalah pada harga perumahan. Kebijakan suku bunga yang rendah memancing aksi belanja dan juga investasi.

Tapi meski berkomentar dengan nada yang mengecewakan, pasangan NZDUSD hari ini tetap saja bertahan dalam bias kenaikan yang lebih tinggi. Sampai saat ini pasangan NZDUSD masih bergerak di sekitar nilai tukar 0,6970 meski sempat mundur tipis dari puncak sebelumnya di 0,6989.

Meski begitu peluang pemangkasan suku bunga ke zona negatif masih sangat rendah sekali. Mengingat peluan itu sudah turun selama beberapa pekan ini. Salah satu penyebabnya adalah pemerintah New Zealand yang berhasil mengendalikan pandemi virus Corona di negaranya. Sehingga pada akhirnya membuat ekonomi negara tersebut semakin meyakinkan. Bahkan mata uang New Zealand sempat dianggap sebagai safe haven sementara waktu.

Jika rekomendasi dari pemerintah benar-benar diterapkan, maka akan menghilangkan sama sekali peluang pelonggaran tambahan. Pelonggaran yang dimaksud seperti suku bunga level negatif dan juga program QE yang lebih besar lagi. Sehingga membawa NZDUSD hari ini sempat terbang tinggi. 

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.