Fungsi dan Tugas OJK dalam Dunia Investasi Indonesia

Investasi saat ini sedang naik daun dan mulai banyak dilirik oleh masyarakat karena ini merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan nilai dana yang ditanamkan. Apapun bentuk instrumen investasinya dan juga jangka waktu yang digunakan untuk merasakan manfaatnya, semuanya memberikan keuntungan. Di dunia investasi sendiri, akan ada beberapa pihak yang melakukan pengawasan sehingga tidak melakukan hal yang menyimpang dan salah satunya adalah OJK.

Apa Itu OJK dan Perannya di Dalam Dunia Investasi?

Fungsi dan Tugas OJK dalam Dunia Investasi Indonesia

OJK merupakan singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan dan ini merupakan lembaga independen yang bebas dari adanya campur tangan berbagai macam pihak lain dan OJK ini memiliki berbagai mcam tugas, fungsi serta wewenang dalam pengaturan, penyidikan, pemeriksaan dan pengawasan untuk seluruh kegiatan yang ada di dalam sektor atau bagian jasa keuangan baik itu adalah pasar model, sektor perbankan bahkan sektor jasa keuangan non-bank seperti Fintech, Lembaga Pembiayaan, Dana Pensiun, Asuransi maupun lembaga keuangan yang lainnya.

Jadi OJK ini hadir untuk dapat mengawasi seluruh aktivitas yang terjadi di dalam sektor jasa keuangan termasuk dengan dunia investasi. Lembaga ini diciptakan dan dibentuk dengan landasan hukum yang jelas atas Undang-Undang Nomor 21 tahun 2011. Namun di awal tahun 2020 ini, fungsi sesungguhnya dari OJK sempat diragukan oleh DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat dan ini semua dikarenakan kasus yang menimpa PT. Asuransi Jiwasraya, PT. Asabri maupun PT. Taspen.

Tetapi, seorang ekonom dari Universitas Indonesia yaitu Lana Soelistianingsih mengatakan jika fungsi OJK ini tepat dan baik namun perlu penguatan yang lebih dalam pengawasannya. Fungsi sesungguhnya dari OJK ini baru diadakan di akhir tahun 2013 secara penuh. Di tahun sebelumnya, lembaga ini masih memiliki tugas yang dijalankan bertahap yaitu menggantikan tugas dari Bapepam-LK aatau Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan. OJK pun menggantikan peran Bank Indonesia untuk mengawasi lembaga perbankan sampai sekarang.

Mengenal OJK Sebelum Terjun ke Dunia Investasi

Seluruh kegiatan yang ada kaitannya dengan keuangan pasti akan mendapatkan pengawasan dari OJK termasuk dengan dunia investasi apapun instrumen yang Anda pilih. Namun kenali lebih dulu OJK ini sebelum Anda benar-benar berkecimpung di bidang investasi sehingga Anda nantinya akan merasa aman ketika melakukan beragam hal tanpa harus takut dengan resiko kerugian yang tidak terjadi di dalam bidang investasi yang Anda lakukan dan inilah sekitar tentang OJK antara lain:

  • Visi yang diemban OJK

OJK memiliki visi untuk dapat menjadi lembaga dari pengawas jasa keuangan yang dapat dipercaya oleh masyarakat termasuk mereka juga ingin melindungi semua kepentingan dari masyarakat dan konsumen bahkan ingin mewujudkan seluruh industri jasa keuangan dengan baik untuk menjadi pilar perekonomian nasional yang memiliki daya saing global bahkan bisa memajukan seluruh kesejahteraan.

  • Misi dari OJK

OJK memiliki beberapa misi penting yaitu mereka ingin sekali menciptakan semua kegiatan sektor keuangan dengan akuntabel, transparan, adil dan juga teratur. Kemudian mereka juga ingin menciptakan sistem keuangan yang dapat tumbuh berkelanjutan dan tetap stabil ditambah mereka juga ingin selalu menjaga kepentingan yang dimiliki masyarakat.

  • Fungsi dari OJK

OJK ini mengadakan sistem penyidikan, pemeriksaan, pengawasan serta pengaturan yang semuanya berhubungan dengan kegiatan sektor keuangan mulai dari non-bank, pasar modal maupun sektor perbankan. Selain itu, OJK ini juga bertindak sebagai pengambil keputusan tentang perkembangan serta kemajuan dari keuangan sampai perlindungan untuk konsumen.

  • Tugas dari OJK

OJK ini memiliki tugas penting untuk melakukan pengawasan sekaligus pengaturan mengenai kegiatan jasa keuangan di dalam sektor perbankan, IKNB maupun pasar modal. Semua sektor keuangan itu akan menjalankan beragam tugas yang semuanya serupa atau sama. Tugas itu diantaranya adalah menyusun aturan, melakukan pembinaan, melakukan pengawasan sekaligus menegakkan hukum yang sudah dibuat dan lainnya. Tugas lainnya sebagai tambahan biasanya mengacu pada keputusan dari Dewan Komisioner yang diberikan langsung.

Fungsi Maupun Tugas dari OJK

Jadi dengan kata lain, fungsi maupun tugas yang sesungguhnya dari OJK ini adalah mengadakan sistem aturan termasuk melakukan pengawasan yang semuanya dilakukan dengan terintegrasi. Pengawasan itu akan berlaku untuk seluruh jasa keuangan maupun non keuangan. Di dalam melakukan tugasnya ini, OJK tentu akan menerapkan beberapa nilai strategi yaitu visioner, inklusif, sinergi, profesionalisme dan integritas. Integritas itu maksudnya adalah mereka akan bertindak dengan konsisten, adil dan objektif sesuai kebijakan organisasi dan kode etiknya.

Selain itu, mereka juga harus tetap berkomitmen pada tugas dan selalu jujur. Sementara itu, profesionalisme merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan penuh tanggung jawab sesuai kompetensi yang sangat tinggi. Tujuannya adalah untuk dapat menghasilkan seluruh kinerja yang paling baik. Sementara sinergi ini artinya adalah berkolaborasi dengan pemegang kepentingan yang produktif dan juga berkualitas baik di dalam lembaga internal maupun eksternal.

Kemudian inklusif ini artinya adalah OJK mau menerima keragam dari pemegang kepentingan dan memberikan peluang untuk masyarakat pada industri keuangan. Sementara visioner ini artinya adalah wawasan yang luas dan selalu melihat lurus ke depan.

Mengapa Memilih Perusahaan di Dunia Investasi itu Harus Mengandalkan OJK?

Tentunya akan ada banyak sekali keuntungan yang akan Anda peroleh sebagai investor apabila melakukan investasi di dalam suatu lembaga yang resmi karena telah terdaftar di dalam OJK dan semua pelaksanaannya pun sudah diawasi penuh oleh OJK antara lin:

  • Anda akan terlindungi dari berbagai macam pihak yang memiliki niat untuk melakukan penipuan dengan kedok investasi kepada Anda. Sebagai lembaga yang mengawasi seluruh sektor keuangan, OJK ini akan menetapkan beragam syarat khusus untuk perusahaan yang menawarkan investasi yang melakukan registrasi. Jadi, proses legalitasnya sudah sangat terjamin sehingga semua investor bisa memperoleh apa yang mereka inginkan termasuk haknya dengan sangat baik.
  • Layanan dari jasa keuangan maupun investasi yang sudah resmi terdaftar di dalam OJK sangat stabil dan bisnisnya pun berkelanjutan. Ini artinya, Anda tidak lagi harus khawatir dengan perusahaan itu akan bangkrut maupun berhenti di tengah jalan dan merugikan seluruh nasabahnya. Ini dikarenakan OJK tentu menentukan standar yang penting berupa rasio dengan modal minimum yang cukup, kualitas aset, pengunjian kredit dan juga dengan rasio pinjaman sekaligus batas dari pemberian kreditnya.
  • Anda tidak harus mengalami yang namanya kerugian percuma. Dengan fungsi yang ditunjukkan oleh OJK, maka Anda juga dapat lebih hati-hati lagi di dalam menentukan dan membuat keputusan untuk melakukan investasi. Meskipun Anda tidak akan selalu untung di dalam investasi, tetap saja ada langkah untuk mengantisipasinya yang sudah dilakukan dengan baik sebelumnya.
  • Anda bisa percaya dengan perusahaan yang semuanya telah terdaftar secara resmi di dalam OJK ini sehingga sebagai investor, Anda juga lebih mudh memilih instrumen investasi yang ingin Anda lakukan. Ditambah lagi, tidak perlu ragu sedikitpun untuk mengambil beragam langkah penting dan strategi untuk dapat keuntungan yang maksimal dari instrumen investasi yang Anda lakukan.

Inilah mengapa begitu penting bagi Anda untuk selalu memilih perusahaan investasi seperti perusahaan P2P lending Indonesia yang benar-benar telah resmi terdaftar di dalam OJK sebab dunia investasi itu tidak selamanya aman dan ada beberapa perusahaan investasi bodong yang bisa merugikan Anda.

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.