Pasca Berita Tanda Tangan Trump, AUDUSD Naik Bersama Aset Berisiko Global

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini mengalami kenaikan di sesi Asia hari Senin (28/12). Dolar Australia mendapatkan dorongan-dorongan yang baik membawa pasangan sampai ke 0,76. Bangkit dari terendah hari ini yang berada di kisaran 0,7590. Katalis utama yang membantu Dolar Australia bullish adalah berita mengenai pemberian tanda tangan oleh Trump terhadap RUU bantuan virus Corona.

Trump Mengesahkan RUU Bantuan Virus Corona

Berdasarkan berita tersebut, Trump telah memberikan tanda tangan pada dana bantuan senilai $2,3 Triliun. Pengesahan itu juga bersama dengan beberapa langkah upaya pemulihan perekonomian AS lainya dan memancing aksi risk on. Hal ini juga yang membantu AUDUSD hari ini berhasil mencetak kenaikan yang lebih tinggi.

Memang setelah kekalahan Trump dalam pemilihan Presiden AS, Parlemen dan Senat memutuskan memberikan dana stimulus yang sangat besar sekali. Walaupun pada awalnya sebenarnya Presiden Trump menolak memberikan tanda tangan pada RUU dana bantuan tersebut. Ada beberapa bagian yang bagi dirinya harus diubah sebelum diberikan tanda tangan. Dia meminta cek bantuan besar dan belanja yang kecil.

Tapi saat ini apa yang diinginkan oleh Trump telah berubah dan memilih memberikan tanda tangan. Dengan disahkan dan diberlakukannya RUU dana bantuan tersebut maka diharapkan ekonomi AS bisa bangkit dari perlambatan. Optimisme ini juga berhasil membantu beberapa aset berisiko global dalam penawaran pembelian yang signifikan.

Aset berisiko kontrak berjangka S&P 500 mampu mencetak nada positif yang mencapai 0,30%. Sementara itu safe haven Dolar AS kesulitan bergerak dan berhasil membantu AUDUSD hari ini untuk naik menjadi lebih tinggi. Meski diliputi oleh suasana yang optimis, para pelaku pasar dan investor akan tetap menunggu pembaruan suasana selanjutnya. Apalagi hari ini masih awal pekan perdagangan dan masih banyak risiko yang harus dihadapi.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.