Penjualan Eceran Suram Membawa AUDUSD Bearish, Mengabaikan Penurunan Yield Treasury AS

Setelah pembukaan pasar kawasan Asia tadi pagi di hari Jumat (19/3), pasangan AUDUSD hari ini tergelincir suckup besar sampai 0,23%. Momentum bearish telah mengirimkan pasangan untuk terjun sampai menuju ke nilai tukar 0,7740. Salah satu katalis yang menyebabkan pasangan terjun cukup dalam adalah laporan data ekonomi Australia yang mengecewakan. Selain itu konflik AS-China juga memicu risk off bersama ketakutan reflasi dan juga yield Kantor Keuangan AS yang turun.

Beberapa saat yang lalu Australia merilis data mengenai penjualan eceran dengan hasil merosot cukup dalam. Data itu anjlok menuju ke -1,1% dari laporan sebelumnya pada 0,5% dan prediksi awal di 0,4%. Ini menggambarkan bahwa kekuatan pembelian warga AS belum mampu bangkit lebih kuat lagi.

Konflik yang terjadi antara China dan Korea Utara tampaknya memicu aksi penjualan aset berisiko dan membawa AUDUSD hari ini turun. Padahal geopolitik global juga belum stabil ketika konflik antar AS dan China masih membuat pasar khawatir. Nada risk off juga datang ketika banyak tuduhan yang menyebutkan Iran menimbun senjata nuklir.

Komentar Positif Vaksin

Aksi AUDUSD hari ini yang turun mungkin masih bisa mendapatkan dukungan dari pernyataan terbaru Presiden AS Biden dan EMA Eropa. Keduanya memberikan komentar yang positif mengenai vaksin virus Corona yang sempat mengkhawatirkan. Komentar ini datang sebelum WHO memberikan pernyataan terkait hal yang sama.

Aksi Dolar Australia yang melemah saat ini tampaknya juga gagal mengambil nada turun dari imbal hasil obligasi AS yang turun 1,5 bps ke 1,714%. Walaupun sebelumnya yield Treasury itu telah melompat ke puncak tertinggi 3 tahun terakhir. Pergerakan AUDUSD berikutnya akan memperhatikan beberapa katalis seperti pertemuan kebijakan moneter BoJ. Lalu dinamika imbal hasil obligasi dan sentimen pasar juga akan diperhatikan.

 

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.