P2P Lending Indonesia Terbaik dan Terpercaya Terdaftar OJK

Seperti dibahas pada post terpisah, Peer to Peer Lending (P2P Lending) merupakan suatu sistem layanan finansial baru yang memungkinkan masyarakat mendapatkan kredit tanpa harus melalui bank. Setelah blooming di negara-negara Barat, ternyata sistem P2P lending juga telah hadir di Indonesia. Kini terdapat banyak platform P2P Lending Indonesia atau Peer to Peer Lending yang akan mempermudah segala urusan pinjam meminjam dana tanpa ribet namun tentu Anda harus memilih yang terpercaya dan pastikan sudah ada nomor registrasi OJK.

Peran Jasa P2P Lending Indonesia

P2P Lending Indonesia Terbaik dan Terpercaya Terdaftar OJK

Sesungguhnya banyak sekali yang juga bertanya-tanya apakah sebenarnya Anda benar-benar membutuhkan P2P Lending Indonesia ini untuk memenuhi kebutuhan finansial yang mungkin mendesak atau bisnis Anda. Jawabannya berbeda-beda karena ini semua tergantung dari kebutuhan masing-masing individu. Jika Anda adalah pihak yang membutuhkan dana atau peminjam, maka metode ini merupakan hal yang baik untuk bisa memperoleh dana pinjaman dengan lebih cepat.

Metode Peer to Peer Lending ini dapat Anda jadikan sebagai alternatif terbaik dibandingkan ketika Anda meminjam pada layanan keuangan yang konvensional dengan prosedur yang dinilai begitu kompleks. Selain itu, pinjaman ini pun juga seringkali dibebankan tanpa adanya jaminan. Dengan kata lain, hal ini begitu berguna untuk Anda yang mungkin tidak punya aset berharga yang bisa dijaminkan maupun tidak memiliki kartu kredit. Tapi bukan hanya untuk peminjam saja manfaatnya akan terasa.

Pihak yang memberikan dana pun juga bisa memperoleh keuntungan karena ini adalah cara terbaik untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan jumlah dana yang dimiliki. Apalagi bila dana yang dimiliki sangat banyak, sudah pasti hasilnya pun akan lebih baik. Selain itu, memberikan pinjaman melalui teknik P2P Lending ini juga sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran dasar investasi. Mengapa demikian? Ini karena P2P punya prinsip dasar yang begitu mirip dengan investasi.

Faktor Penting Memilih Perusahaan P2P Lending Indonesia

Disini semua pihak boleh menjadi pendana P2P Lending Indonesia namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan meskipun terlihat sepele karena P2P ini tidak bisa dilakukan langsung begitu saja dimana pendana memberikan uang pada yang mengajukan pinjaman dan selesai. Ada beberapa proses dan juga membutuhkan keamanan lebih termasuk sudah ada di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Bahkan dapat dikatakan pihak pendana itu memiliki resiko yang besar karena meminjamkan uang kepada pihak peminjam dan tentu rasa was-was itu ada dan inilah hal penting yang harus diperhatikan yaitu:

  • Pilihlah Fintech yang terpercaya dan resmi; Ketika memilih Fintech, maka Anda juga perlu lebih serius lagi sebab ini semua berkaitan dengan dana yang nantinya akan dipinjamkan pada orang lain. Fintech yang dipilih jelas harus resmi bahkan diawasi dengan baik dan diatur OJK secara langsung. Ini dapat mencegah hal yang buruk terjadi dan jangan sampai tertipu oleh Fintech yang tidak bertanggung jawab sama sekali.
  • Memiliki proteksi dana yang dibutuhkan; Hal ini tidak kalah penting karena dana yang dipinjamkan perlu dilindungi. Untuk dapat mengamankan dana yang dipinjamkan nantinya dari kecurangan pihak yang mengajukan pinjaman, biasanya caranya adalah melihat fasilitas maupun fitur proteksi yang ditawarkan oleh pihak Fintech supaya dana ini aman dan nantinya juga kembali kepada Anda.
  • Lebih selektif di dalam memilih pihak nasabah (debitur). Bila pemilihan Fintech sudah berakhir, maka Anda pun perlu fokuskan diri lagi bukan dalam pemilihan Fintech melainkan memilih pihak peminjam yang nantinya akan menggunakan dana yang diberikan kepada mereka untuk keperluan yang mereka ajukan. Pihak peminjaam perlu melengkapi berbagai macam syarat yang mereka butuhkan dan jika sudah selesai, maka kini pihak pemberi dana yang akan memilih mana yang terbaik diantara sekian banyak pihak yang mengajukan pinjaman dan sepertinya tidak akan membawa lari uang Anda.
  • Pakai modal kecil lebih dulu. Keuntungan memang penting sehingga banyak sekali pihak pendana yang akhirnya meminjamkan dana mereka dalam jumlah yang besar. Selama hal itu bisa dipertanggung jawabkan dengan baik, maka berapapun jumlah modal yang dipinjamkan tidak akan menjadi masalah. Namun bila peminjam itu membawa kabur uang Anda, maka jelas akan ada kerugian.

Rekomendasi Perusahaan P2P Lending Indonesia Terbaik

Faktanya adalah sudah terdapat kurang lebih 120 perusahaan P2P Lending Indonesia yang berdiri baik secara offline maupun online dimana sebagian sudah terdaftar dengan baik di Otoritas Jasa Keuangan dan inilh beberapa rekomendasi yang bisa Anda pilih antara lain:

Amartha

Persentase pengembalian yang dijanjikan oleh perusahaan ini bisa mencapai 17.5% per tahunnya setelah Anda melakukan setoran dana awal untuk bisa menjadi investor dengan nominal 3 juta rupiah. Perusahaan ini pun akan berkonsentrasi penuh pada bagian pendanaan spesial untuk UKM. Selain itu, Amartha ini pun turut menjalin kerja sama dengan beberapa lembaga penjaminan kredit sekaligus asuransi untuk proteksi investor dari gagal bayar atau resiko default.

Jika demikian, maka para investor harus membayar tambahan dana ketika mendapatkan pengembalian berupa premi. Return untuk para investor ini nantinya akan dibagikan setiap minggu dan kemudian bisa ditarik kapanpun Anda inginkan. Siapa saja boleh menjadi investor pada perusahaan ini selama mereka punya akun rekening.

KoinWorks

Ini merupakan platform yang memberikan penawaran investasi dengan bunga yang sangat kompetitif dimulai dari persentse 18% per tahun sesuai dengan resiko pinjaman yang dilakukan. Sebelum akhirnya menyalurkan dana, maka pegawai perusahaan pun akan melakukan seleksi profil calon peminjamnya. Kemudian dana investor ini juga dapat masuk ke kategori E dimana nilai bunganya tertinggi sebab resikonya pun besar. Kelebihan dari perusahaan ini adalah ada dana perlindungan untuk dapat meminimalkan resiko kerugian yang diterima oleh investor.

Sebagai pemberi pinjaman, Anda dapat memilih akan memberikan biaya untuk seluruh sektor yang ada contohnya pendidikan, bisnis maupun kesehatan. Dana untuk melakukan investasi ini dimulai dari 100 ribu plus dana untuk transaksi investasi dengan nominal yang sudah sesuai ketentuannya. Disini siapapun boleh menjadi investor asal punya dana simpanan dan telah berusia setidaknya 18 tahun. Setiap bulannya, bunga bisa ditarik dan dana pokoknya pun boleh diambil kapanpun.

Modalku

Perusahaan yang satu ini sudah bekerja sama dengan pihak investor Singapura untuk memperoleh dana bantuan. Setiap pinjaman memiliki suku bunga yang tidak sama dan semuanya tergantung dengan kondisi pasar saat itu, pilihan pinjaman untuk debitur maupun jumlah nominal dari investasi yang dilakukan. Perusahaan pun akan memberikan jaminan akan bersikap lebih terbuka dan transparan mengenai bunga. Kisarannya pun bisa mencapai nominal 12 sampai 24%. Masing-masing return dana yang disetorkan oleh pihak peminjam dikenakan tambahan biaya dengan nominal 3%. Anda harus taahu bahwa profil dari mereka yang mengajukan pinjaman semuanya dirahasiakan dari pihak investor.

Inilah beberapa perusahaan P2P Lending Indonesia yang terpercaya bahkan sudah terdaftar di OJK sehingga Anda bisa tetap aman untuk menjadi investor di dalamnya maupun menjadi pihak yang mengajukan pinjaman tanpa masalah dan banyak metode penyelesaian bahkan fasilitas yang disediakan.

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.