RBA Kent Memuji QE, AUDUSD Terjun Lebih Rendah Bersama Risk Off

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini mencatatkan penurunan yang cukup dalam menuju ke sekitar nilai tukar 0,7700. Aksi penurunan ini membawa pasangan terjun menuju ke titik paling rendah dalam pergerakan harian di sekitar 0,7730. Dolar Australia melemah setelah adanya komentar terbaru yang disampaikan oleh Asisten Gubernur RBA yaitu Kent. Kemudian dari sisi lain, Dolar AS yang pulih juga membawa pasangan terjun lebih dalam lagi.

Komentar RBA Kent Dovish

Pada komentar yang terbaru itu, RBA Kent menyoroti bagaimana kekuatan Dolar Australia yang tampak signifikan. Kemudian ada beberapa tanda bahwa akan ada langkah dari RBA untuk membawa nilai tukar Dolar Australia jadi lebih rendah. Mengingat negara Australia sendiri sangat bergantung pada ekspor. Sehingga nilai Dolar Australia yang lebih rendah akan sangat bermanfaat untuk perdagangan luar negeri.

Komentar yang juga membawa AUDUSD hari ini menjadi lebih rendah adalah adanya peluang perpanjangan program QE. Karena dengan program ini, jumlah uang yang beredar di pasar menjadi sangat banyak dan nilainya jadi lebih rendah.

Sementara itu dari data ekonomi, Australia merilis data indeks utama Westpac dengan hasil naik ke 0,26% dari 0,12%. Sayangnya AUDUSD hari ini tampak gagal memanfaatkan data yang positif tersebut. Faktor lain yang membawa Dolar Australia lebih rendah adalah posisi Dolar AS yang memulihkan diri dari pelemahan.

Dolar AS mungkin berhasil mengambil manfaat pelemahan risiko yang terlihat beberapa waktu terakhir. Imbal hasil obligasi Treasury AS dalam 10 tahun menjauh dari puncak 1 tahun terakhir. Kemudian saham Asia juga turun terlihat ketika ASX 200 melemah sampai 0,70% di sesi Asia Rabu ini (17/2). Dinamika sentimen risiko akan diperhatikan sebagai katalis penggerak AUDUSD beberapa waktu berikutnya, sambil menunggu data ekonomi.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.