Risalah RBA Dovish Diabaikan, AUDUSD Melonjak Karena Optimisme Vaksin Global

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini mencatatkan kenaikan di pertengahan sesi Asia Selasa(16/2). Dolar Australia berhasil meneruskan momentum kenaikan yang dibangun sejak awal sesi tadi pagi. Pada akhirnya pasangan juga berhasil melewati resistance utama di 0,7800 dan naik lebih tinggi. Usaha terbaru bagi AUDSD ini akan mengincar titik yang paling tinggi dalam sebulan terakhir.

AUDUSD hari ini bergerak di sekitar nilai tukar 0,7797 atau mencatatkan kenaikan 0,24% dalam pergerakan harian. Sentimen risk on telah berhasil membantu Dolar Australia berkinerja positif selama dua sesi tanpa jeda. Dolar AS sebagai aset safe haven otomatis mengalami pelemahan karena perpindahan menuju aset berisiko. Kenaikan semakin meyakinkan ketika kontrak berjangka S&P 500 bergerak sangat tinggi.

Optimisme Vaksinasi

Salah satu katalis yang mendukung aksi kenaikan AUDUSD hari ini adalah harapan pasar bahwa akan terjadi vaksinasi skala besar. Pasar menaruh harapan pemerintah global akan terus meningkatkan vaksinasi. Sehingga ekonomi global bisa segera pulih dari perlambatan ekstrim yang terjadi saat ini.

Katalis lain yang membawa Dolar Australia naik adalah optimisme di seputar dana stimulus ekonomi AS. Rencana dari Biden itu diharapkan bisa lancar dan membantu ekonomi AS bangkit. Optimisme itu membuat greenback harus rela dalam nada penjualan yang signifikan. Apalagi sejak Senin kemarin Dolar AS juga sudah dalam tekanan yang cukup kuat.

Saat ini Dolar Australia bergerak lebih tinggi dan mengabaikan segala katalis negatif dalam negeri. Saat sesi awal Asia tadi pagi, bank sentral Australia merilis risalah pertemuan dengan hasil yang bernada sangat dovish. Namun itu semua dilupakan begitu saja karena optimisme di pasar keuangan lebih dominan dan membantu AUD naik. Kemudian harga energi dan tembaga yang lebih tinggi turut membantu AUD.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.