Risk Off Mengirimkan AUDUSD Terjun Di Sesi Awal Pekan

Pasangan AUDUSD hari ini tampak harus rela mengawali pekan dengan nada penurunan. Pelemahan permintaan pada mata uang Dolar Australia telah mengirimkan AUDUSD terjun sampai menuju ke titik paling rendah harian pada 0,7620 atau kehilangan 0,34%. Salah satu katalis yang mengirimkan AUDUSD menjadi lebih rendah diprediksi adalah perubahan arah risiko yang lebih cenderung risk off. Pada saat yang sama, pembelian Dolar AS tampak terus mendominasi.

Risk Off Mendominasi Pasar

Saat ini memang ada pembicaraan masalah infrastruktur dengan nilai sampai $3T oleh pemerintah AS. kemudian pasar juga tampak sudah tidak begitu dengan reflasi seperti sebelumnya. Semua ini seharusnya bisa membantu risk on dan membawa AUDUSD hari ini lebih tinggi.

Tapi tampaknya beban risiko lebih berat seperti ketakutan pandemi virus Corona dan konflik perdagangan AS-China yang terus memanas. Pada sebuah wawancara, wakil dari USTR AS yaitu Katherine Tai menyatakan penolakan pada penurunan tarif barang asal China. Walaupun dia sebenarnya masih membuka peluang negosiasi lanjutan.

Beijing sendiri telah mengenakan sanksi anti-dumping pada produk anggur asal Australia selama sepekan ini. Konflik dua negara yang sebenarnya sudah menjadi rekan dagang lama ini turut menambahkan beban yang membawa AUDUSD hari ini turun.

Pasar masih cukup ragu dengan masa depan ekonomi kawasan Eropa. Kanselir Jerman, Merkel mengatakan agar menggunakan aturan hukum federal jika sangat dibutuhkan. Dari sisi lain, beberapa kawasan di Australia kembali di lockdown setelah ada optimisme pembukaan daerah NSW kemarin.

Beberapa aset berisiko juga tampak mengkonfirmasi bias bearish Dolar Australia saat ini. Berikutnya pasangan akan menunggu laporan indeks manufaktur Fed Dallas Maret ini. Selain itu dinamika sentimen risiko juga akan menjadi perhatian utama di tengah minimnya katalis yang bisa menggerakkan pasar.

 

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.