Sentimen Risk On Membantu AUDUSD Melonjak Sambil Menanti NFP AS

Saat sesi pertengahan Asia hari Jumat (7/5), AUDUSD hari ini mampu mencatatkan kenaikan cukup baik. Padahal sebelumnya bias bearish telah mengirimkan pasangan terjun menuju ke titik yang paling rendah dalam harian pada 0,7776. Nada pembelian yang mulai mendominasi membantu pasangan terbang sampai ke 0,7789. Salah satu penyebab pergerakan ini adalah pernyataan RBA dan juga dinamika sentimen risiko.

Pernyataan RBA Jadi Katalis

Tadi pagi, bank sentral Australia memberikan pidato mengenai kebijakan moneter tiga bulanan yang paling baru. Mereka tidak memberikan dukungan pada kenaikan suku bunga sampai paling tidak 2024 mendatang. Harapan tingkat PDB juga terlihat optimis dan pada masa depan pengangguran bisa mulai mengalami penurunan.

Selain karena pernyataan RBA, kenaikan AUDUSD hari ini juga dihubungkan dengan pembaruan berita vaksin virus Corona global. Turunnya ketakutan pada kenaikan harga atau inflasi juga membantu aset berisiko seperti Dolar Australia menguat signifikan.

Menteri Perdagangan Aussie juga bersiap melakukan pembicaraan dengan China. Walaupun pemerintah Beijing sendiri telah menolak pembicaraan apa pun mengenai perekonomian strategis. Kemudian NSW juga diputuskan tidak akan memberlakukan lockdown yang sangat ketat setelah meluasnya laporan kasus virus Corona baru.

Para pelaku pasar dan investor juga cukup senang ketika AS dan Uni Eropa bersatu menyatakan penolakan hak paten atau perlindungan IP pada vaksin Corona. Bagaimanapun semua berita itu telah memberikan andil pada momentum AUDUSD hari ini yang naik.

Secara luas berikutnya mungkin pasar akan stabil karena menantikan laporan data NFP AS nanti malam. Mungkin juga pergerakan bisa cukup besar karena sikap antisipasi dari pasar. Sejauh ini aset-aset berisiko mampu naik seperti indeks S&P 500 bertambah 0,16%. Untuk yield Treasury AS juga mampu melonjak dan bisa menjadi penghambat kenaikan AUDUSD.

Leave a Comment

Copyright © 2024. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.