Sisi Bullish Lebih Terbuka Meski Beberapa Masalah Bisa Membuat AUDUSD Turun

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini mampu terus bertahan di sekitar nilai tukar 0,78 di sesi Asia hari Kamis (7/1). Padahal sebelumnya Australia merilis data mengenai surplus perdagangan yang mengalami penyempitan. Tingkat ekspor jatuh ketika impor mengalami kenaikan yang kuat. Dolar Australia tidak merespon dan tetap dalam pergerakan yang sempit.

Neraca Perdagangan Aussie dilaporkan menuju ke 5.022 juta AUD pada laporan November. Hasil itu lebih rendah dari laporan sebelumnya yang berada di 7.456 juta dan prediksi awal yang berada pada 6.200 juta. Ekspor Aussie jatuh sampai ke 3% lebih rendah dari laporan sebelumnya. Kemudian impor naik sampai ke 10% lebih tinggi dari sebelumnya.

Setelah itu data izin bangunan mengalami kenaikan ke 2,6% lebih tinggi dari harapan awal di 2,5% dan laporan sebelumnya di 3,8%. Dengan hasil data yang kurang menggembirakan itu mungkin gagal menjadi katalis penggerak bagi Dolar Australia. Mata uang ini selama dua bulan mampu mencetak kenaikan dari 0,69 sampai menuju ke 0,78.

Walaupun masih belum jelas untuk arah AUDUSD hari ini, namun bias bullish mungkin bisa lebih diandalkan. Mengingat konflik yang terjadi di Capitol Hill sebelumnya sudah mereda dan harapan stimulus dari Demokrat terus memancing optimisme pasar global.

Tantangan Arah Risiko

Sayangnya AUDUSD hari ini masih harus menghadapi beberapa tantangan arah risiko. Dikhawatirkan akan ada kenaikan regulasi, tingkat pajak yang memicu pesimisme. Kemudian konflik antara AS dan China bisa membuat mata uang Dolar Australia dalam penjualan.

Dilansir dari Wall Street Journal, para pejabat AS dalam pembicaraan untuk mencegah warga AS investasi pada Alibaba dan juga Tencent Holdings. Ini menyusul aksi dari Trump yang melarang sebanyak 8 aplikasi asal China untuk bertransaksi di AS. kemudian NYSE juga menghapus tiga saham perusahaan China.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.