USDCAD Berusaha Menghentikan Bearish, Meski Ada Perbedaan Kebijakan BoC dan The Fed

Dolar AS mendominasi pergerakan dan mengirimkan USDCAD hari ini dalam bias kenaikan menuju ke sekitar nilai tukar 1,2100. Sebelumnya pasangan harus rela berada pada titik yang paling rendah sejak tahun 2017 lalu. Bahkan USDCAD juga sempat dalam bais penurunan selama empat hari tanpa jeda beberapa hari ini.

Berusaha Bangkit Dari Bearish

Memang secara luas nada penurunan USDCAD bisa datang jika melihat sikap moneter dari BoC yang lebih optimis dibandingkan The Fed. Namun dari sisi lai Dolar AS mendapatkan bantuan setelah pasar masih dalam kebimbangan. Data NFP AS pada pekan lalu memang suram dan mengkonfirmasi kebijakan longgar yang lebih lama. Anggota Fed sendiri tampak tidak dalam satu nada yang sama dalam pandangan kebijakan ke depan.

Bersama upaya pemulihan USDCAD hari ini, beberapa aset berisiko juga turun akibat nada risk off yang berlaku. Indeks S&P 500 kehilangan sampai 0,11% akibat sentimen risiko yang suram. Sementara itu imbal hasil obligasi Treasury AS terpantau dalam nada penurunan menuju ke 1,60%. Ini bisa jadi katalis yang menghambat penguatan Dolar AS beberapa waktu berikutnya.

Katalis penggerak USDCAD hari ini juga datang dari pembaruan berita serangan siber pada jalur pipa kolonial AS. Karena minyak mentah adalah komoditas ekspor utama dari Kanada. Sehingga dinamika harga dan jumlah pasokan akan mempengaruhi bagaimana permintaan terhadap Loonie.

Untuk berikutnya, para pelaku pasar dan investor hari ini mungkin akan lebih fokus ke bagaimana dinamika sentimen risiko. Kekhawatiran pandemi di Asia akan terus bertarung dengan optimisme pengembangan vaksin. Sementara itu besok Rabu, AS akan merilis data mengenai inflasi yang bisa jadi tolak ukur ekonomi utama Amerika Serikat. Kondisi geopolitik di Kanada juga bisa menawarkan pembaruan arah pergerakan.

Leave a Comment

Copyright © 2023. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.