USDCAD Naik, Bangkit Dari Lembah Oktober 2018 Karena Ketidakpastian Pertemuan OPEC

Pasangan mata uang USDCAD hari ini mampu bergerak dengan nada yang positif meski sangat ringan. Dolar AS bangkit sepanjang sesi Eropa hari Kamis (3/12) melawan Dolar Kanada. Sekarang pasangan bergerak di sekitar nilai tukar 1,2930 yang sekaligus menjadi puncak paling tinggi dalam pergerakan harian.

Sebelumnya penguatan mata uang Dolar Kanada harus menemui support yang kuat tepat di sekitar nilai tukar 1,2900. Sehingga nada penurunan yang sangat tajam sebelumnya mulai berhenti dan menjauh dari titik paling rendah sejak Oktober 2018 lalu.

Terbebani Aksi Harga Minyak Mentah

Katalis utama yang membawa nilai tukar Dolar Kanada menjadi lebih rendah mungkin akibat pergerakan harga minyak mentah yang melemah. Pergerakan harga minyak mentah global menerima tekanan ketika adanya data pasokan energi global.

Selain itu para pelaku pasar dan investor juga masih dihantui oleh pertemuan OPEC dan sekutu yang belum jelas. Organisasi itu akan kembali melangsungkan pertemuan dan tentunya akan sangat diperhatikan oleh pasar.

Pada pertemuan itu, OPEC dan sekutu akan membicarakan masalah jumlah produksi bagi negara-negara anggota. Banyak yang memprediksi bahwa OPEC dan sekutu akan memperpanjang kembali pemangkasan produksi 7,7 juta barel untuk tahun depan.

Namun bagaimanapun juga, pelemahan di sekitar mata uang Dolar AS masih akan menahan penurunan USDCAD hari ini. Ada banyak sekali beban yang diterima oleh Dolar AS dan menyebabkan indeks Dxy jatuh ke lembah beberapa tahun terakhir.

Indeks Dolar AS sangat dibebani oleh berita vaksin yang positif beberapa waktu terakhir. Apalagi diberitakan Inggris sudah memberikan izin untuk Pfizer pada vaksin yang dikembangkannya. Peluang dana stimulus ekonomi dari pemerintah AS juga meningkatkan harapan pemulihan ekonomi global. Untuk pergerakan USDCAD hari ini akan mulai fokus ke rilis data ekonomi utama AS nanti malam dan arah sentimen risiko.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.