USDCAD Turun Ketika Dolar Kanada Terbaru Kenaikan Minyak Mentah dan Risk On

Saat sesi awal Eropa pasangan USDCAD terus memperpanjang momentum retracement harian dari kenaikan sebelumnya. Dengan penurunan USDCAD hari ini, maka pasangan menuju ke titik paling rendah dalam pergerakan harian di sekitar 1,3170.

Dominasi yang dibangun oleh Dolar Kanada pada akhirnya mampu mengabaikan beberapa faktor negatif yang bisa membebani Loonie. Padahal saat ini banyak katalis negatif yang masih berlaku dan berpeluang mendorong risk off pasar global. Namun itu semua diabaikan dan menghentikan kenaikan 100 pips USDCAD yang terjadi sebelumnya.

Beberapa Ancaman Risk Off

Kekhawatiran pertama yang bisa membatalkan penurunan USDCAD hari ini adalah masalah pandemi virus Corona. Pasalnya sampai saat ini kawasan Eropa mencatatkan kasus virus Corona yang sangat tinggi. Beberapa negara anggota juga memberlakukan lagi kebijakan lockdown yang membatasi kegiatan ekonomi. Jika ini berkepanjangan maka akan menyebabkan kebangkitan ekonomi Eropa gagal dan membawa sentimen risk off mendominasi.

Kemudian beban lain adalah ketidakpastian perpolitikan di Amerika Serikat. Pembicaraan dana stimulus terus menerima tarik ulur yang membuat pasar berhati-hati dalam mengambil sikap di pasar keuangan global. Masalah ini bisa menahan kenaikan aset berisiko.

Kenaikan permintaan Dolar Kanada didukung oleh bias positif pada harga minyak mentah global. Saat ini minyak mentah mampu mencatatkan kinerja yang mengesankan sampai 1%. Ini membantu menaikkan permintaan Dolar Kanada sebagai mata uang terkait komoditas.

Untuk pergerakan selanjutnya mungkin USDCAD hari ini akan fokus pada dinamika pembicaraan stimulus ekonomi AS. Selain itu beberapa rilis data ekonomi dari AS nanti malam juga bisa menjadi perhatian. Besok hari Rabu, bank sentral Kanada akan melangsungkan pertemuan kebijakan moneter. Sehingga hasil pertemuan tentunya akan menjadi katalis utama penggerak mata uang Dolar Kanada. Spekulasi menjelang pertemuan itu akan menggerakkan Loonie.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.