USDCHF Turun Lebih Dalam Setelah Menerima Banyak Katalis

Franc Swiss dalam permintaan pembelian yang cukup kuat melawan Dolar AS di hari Kamis (17/12). Hal itu pada akhirnya mengirimkan USDCHF hari ini menuju ke titik paling rendah enam tahun terakhir pada nilai tukar 0,8850. Sementara itu pada hari Rabu kemarin pasangan juga sudah turun cukup dalam sampai level 0,8826.

Katalis Penggerak USDCHF

Dolar AS mendapatkan penderitaan yang lebih menyakitkan lagi pada saat sesi AS Rabu kemarin. Sebab bank sentral AS kemarin melangsungkan pertemuan kebijakan moneter dengan hasil yang dovish. Pada saat sesi pernyataan kebijakan, Ketua Fed Powell memberikan beberapa komentar yang memancing aksi penjualan Dolar AS.

Dia mengatakan disinflasi terjadi cukup besar untuk ekonomi global. Agar inflasi bisa mencapai target, maka membutuhkan jangka waktu yang lebih lama. Powell juga menegaskan kembali bahwa suku bunga ekstra rendah saat ini akan bertahan lebih lama. Paling tidak salah satu tolak ukurnya adalah kondisi inflasi yang berada di atas 2%.

Kemudian dari sisi lain, konflik antara AS dan China kembali panas. Pasalnya militer China menolak hadir dalam pertemuan online dengan militer AS. Ini dinilai sebagai ungkapan tidak hormat dan berpeluang membuat hubungan kedua negara kembali panas. Apalagi R. Lighthizer, Perwakilan Dagang AS meminta kepada Biden agar tarif kepada China tidak diubah.

Masalah lain yang membawa USDCHF hari ini lebih rendah adalah tuduhan dari Departemen Keuangan AS kepada pemerintah Swiss. Pasalnya Kantor Keuangan itu mendeteksi bahwa Swiss sudah mengeluarkana dana sampai 90 Miliar CHF untuk bisa melakukan intervensi valas.

Langkah itu dituduh dilakukan selama semester pertama 2020 ini. Pasca berita itu meluas, Franc Swiss langsung dalam nada pembelian karena kekhawatiran. Sehingga USDCHF hari ini terjun ke titik paling rendah selama enam tahun terakhir pada 0,8850.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.