USDJPY Hari Ini Menguji SMA 200 Harian, Pemulihan Terus Diperpanjang

Pasangan mata uang USDJPY hari ini terlihat bergerak naik lebih tinggi sampai menuju ke level resistance yang ada si sisi atas. Dolar AS terus mendominasi pergerakan di sesi Asia Jumat (5/2) terhadap Yen Jepang. Dolar AS sepertinya berjuang dengan ekstra untuk bisa melewati level teknis SMA 200 harian untuk pertama kalinya sejak terakhir terpantau pada Juni 2020 lalu. SMA 200 harian itu tepat berada di level 105,59 yang mampu diterobos sampai ke 105,64 meski turun setelahnya.

Saat ini pasangan bergerak lebih rendah di sekitar nilai tukar 105,50 dan secara luas masih diliputi dengan suasana bullish. Sepanjang pekan ini pasangan masih mampu mencatatkan kinerja yang mengesankan dengan bullish 70 pip. Sementara itu dalam basis hitungan yang lebih lama, sejak mengunjungi terendah di 102,59, pasangan sudah memulihkan diri mencapai 300 pip.

Dolar AS Memperpanjang Pemulihan

Memang beberapa bulan terakhir sentimen pasar terhadap mata uang Dolar AS sangat suram sekali. Namun beberapa pekan ini, sentimen mulai kembali membaik dan mengirimkan USDJPY hari ini menjadi lebih tinggi lagi. Salah satu hal yang membantu pemulihan ii adalah langkah vaksinasi banyak negara termasuk AS yang dilakukan dengan masif.

Selain itu pembicaraan terbaru yang dilakukan oleh Presiden Biden juga mendukung penguatan permintaan Dolar AS terhadap Yen. Beberapa data ekonomi AS yang mengesankan sejak hari Rabu kemarin menambah upaya kenaikan USDJPY hari ini jadi lebih tinggi.

Optimisme ekonomi AS membantu imbal hasil obligasi Treasury AS ke puncak 2016 lalu. Sehingga memancing nada pembelian pada greenback yang membantu Dolar AS mendominasi terhadap lawan utamanya. Apalagi Yen Jepang sebagai anti-risiko juga ditinggalkan ketika pasar mulai merasakan optimisme beberapa waktu terakhir ketika ekonomi global membaik dan vaksinasi gencar dilakukan.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.