USDJPY Ikut Naik Karena Imbal Hasil AS Memulihkan Diri

Saat seri Eropa berlangsung pasangan USDJPY hari ini bergerak bullish lebih tinggi. Penguatan mata uang Dolar AS telah mengirimkan pasangan terbang sampai menuju ke sekitar nilai tuka 109,00. Level ini juga cukup dekat dengan titik yang paling tinggi dalam sembilan bulan terakhir.

Kenaikan Yield AS Membantu Dolar AS

Di hari Jumat (12/3) ini pasangan mendapatkan nada pembelian yang signifikan mendekati penutupan pekan. Salah satu katalis yang membantu Dolar AS menguat adalah pembaruan arah dari imbal hasil obligasi Treasury AS. Pasalnya baru-baru ini imbal hasil kembali melonjak tinggi dan membuat aset-aset lain menjadi dalam penjualan.

Pada posisi itu juga, indeks Dolar AS justru berhasil bangkit dari aksi pelemahan di titik paling rendah dalam sepekan. Hal ini yang pada akhirnya membantu USDJPY hari ini melonjak cukup tinggi. Para pelaku pasar dan investor masih merasa yakin bahwa dana stimulus AS bisa membantu ekonomi memulihkan diri. Apalagi beberapa data ekonomi juga terus menampilkan kinerja yang baik.

Pada hari Rabu kemarin, AS merilis data mengenai indeks harga konsumen dengan hasil yang meruntuhkan ketakutan inflasi yang tinggi. Sementara itu kenaikan pada kurva imbal hasil obligasi Treasury AS membuat investor merasa takut. Efeknya pasar ekuitas mengalami pembalikan dalam arah pergerakan harian. Ini juga menjadi katalis lain yang menahan aksi USDJPY hari ini yang naik. Karena safe haven Yen Jepang tetap menjadi yang menarik.

Pergerakan berikutnya mungkin pasar akan lebih fokus ke bagaimana dinamika pergerakan imbal hasil obligasi Treasury AS. Selain itu beberapa data AS juga akan menjadi perhatian seperti indeks harga produsen dan juga sentimen konsumen Michigan. Pergerakan arah risiko akan tetap menawarkan pembaruan arah bagi aset safe haven tradisional Yen Jepang ke depannya.

 

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.