USDJPY Melompat Pasca Prediksi Pemangkasan Proyeksi Dari BoJ

Selama jam-jam perdagangan sesi awal Asia tadi pagi, pasangan mata uang USDJPY hari ini seperti tidak mengalami pergerakan yang begitu jelas. pasangan tetap pada posisi yang stabil walaupun beberapa saat yang lalu telah ada laporan terbaru dari bank sentral Jepang. Namun sayangnya nada penjualan Yen Jepang tampak tidak terlihat sama sekali pasca laporan tersebut rilis.

Pemangkasan Proyeksi Ekonomi Oleh BoJ

Respon nada penjualan terhadap Yen Jepang baru terlihat saat menjelang pertengahan sesi Asia. USDJPY hari ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan karena Yen Jepang melemah tajam. Penyebabnya adalah laporan yang mengatakan BoJ akan melakukan pemangkasan prediksi pertumbuhan dan tingkat inflasi. Pemangkasan proyeksi itu mungkin akan disampaikan pada pertemuan kebijakan moneter pekan ini.

Dilansir dari Reuters pekan lalu, ekonomi Jepang saat ini sedang lambat lebih buruk dari tiga bulan sebelumnya. Meski diprediksi akan memangkas proyeksi pertumbuhan perekonomian, namun BoJ mungkin juga tidak akan melakukan perubahan kebijakan moneter. Mengingat saat ini kebijakan moneter BoJ sudah sangat longgar sekali.

Sayangnya semua itu masih dinilai belum bisa membantu perekonomian Jepang bangkit dari perlambatan yang sangat ekstrim akibat pandemi ini. Melihat semua gambaran ekonomi Jepang mampu dimanfaatkan oleh Dolar AS untuk mendominasi pergerakan beberapa waktu terakhir.

Kemungkinan penurunan permintaan terhadap Yen Jepang masih akan terbatas. Karena sifat Yen Jepang sebagai aset safe haven anti risiko masih akan terus dicari. Mengingat saat ini kawasan Eropa dan AS mengalami kenaikan kasus virus Corona yang sangat besar sekali.

Hal itu membuat para pelaku pasar dan investor khawatir momentum pemulihan ekonomi global akan gagal dan hancur. Arah pergerakan USDJPY selanjutnya akan terus berusaha mencari kejelasan arah risiko. Jika risk off kembali berlaku, USDJPY hari ini bisa turun menghapus kenaikan.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.