USDJPY Melompat Setelah Kebijakan Moneter BoJ

Saat sesi akhir Asia di hari Jumat (19/3), pasangan USDJPY hari ini mencatatkan kenaikan sampai menuju ke sekitar nilai tuakr 109,00. Pasangan berhasil mencetak pemantulan dari titik paling rendah harian pada 108,90. Salah satu katalis yang mendongkrak nada pembelian Dolar AS adalah berita laporan terbaru keputusan kebijakan moneter dari BoJ.

BoJ Dovish Meski Sesuai Harapan

Dalam pertemuan itu memang bank sentral telah mengambil langkah sesuai dengan yang diantisipasi sebelumnya. BoJ tidak melakukan perubahan kebijakan terutama untuk suku bunga yang tetap di -0,10%. Tapi ada pengubahan batas pembelian pada ETF dan juga menghilangkan plafon bawah 6T Yen. Batas atas tetap pada nilai 12T Yen.

Pergerakan pasangan USDJPY hari ini sepertinya juga cukup dipengaruhi oleh pembaruan arah sentimen risiko global. Apalagi beberapa waktu terakhir imbal hasil obligasi Treasury AS telah menghentikan kenaikannya. Sebelumnya yield Treasury telah mencatatkan kenaikan sampai ke puncak paling tinggi sejak 13 bulan yang lalu.

Nada optimisme pasar hadir ketika Presiden Joe Biden bersama dengan EMA Eropa memberikan komentar positif mengenai vaksin AstraZeneca. Bahkan Biden juga menargetkan akan bisa meraih vaksinasi sampai 100 juta suntikan. Sementara itu untuk beberapa waktu kedepan pasar mungkin akan menanti pernyataan dari WHO mengenai vaksin dan virus Corona.

Aksi kenaikan USDJPY hari ini bisa saja akan terbatas. Mengingat arah imbal hasil obligasi Treasury AS menjadi lebih rendah. Selain itu beberapa saham tampak mengalami penurunan meski S&P 500 dalam nada kenaikan ringan.

Setelah memperhatikan keputusan kebijakan terbaru BoJ, berikutnya pasar akan menantikan pidato kebijakan moneter. Lalu pasar juga akan menunggu bagaimana pembaruan arah sentimen risiko global. Dinamika imbal hasil obligasi Treasury AS juga akan terus diamati karena akan memberikan sinyal untuk Dolar AS.

 

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.