USDJPY Melonjak Di Tengah Penurunan Pasar Saham dan Pelemahan Yen Jepang

Saat sesi pertengahan kawasan Eropa di hari Jumat (5/3), pasangan USDJPY hari ini tampak mampu mencatatkan aksi kenaikan yang cukup baik. Bahkan dengan aksi ini, pasangan mampu terbang mencapai puncak tertinggi dalam sembilan bulan terakhir. Sampai sekarang pasangan terus bertahan di sekitar nilai tukar 108,00 menanti data utama AS beberapa jam ke depan.

Mata uang Dolar AS mendapatkan banyak dorongan ketika adanya harapan bahwa ekonomi AS akan segera pulih. Apalagi beberapa jam ini, imbal hasil obligasi Treasury AS kembali dalam kenaikan dan mendukung Dolar AS bullish. Kemudian kemarin malam, The Fed Powell menyampaikan beberapa hal yang memancing penguatan Dolar AS dan imbal hasil obligasi.

Yen Jepang Dalam Tekanan

Powell mengatakan bahwa tidak khawatir dengan lonjakan yield dalam jangka yang panjang. Dari sisi lain, saat ini mata uang safe haven Yen Jepang juga sedang dalam nada penjualan yang kuat dan membawa USDJPY hari ini turun. Pasar tampak menanggapi dengan positif harapan pemulihan ekonomi global yang membuat aset safe haven ditinggalkan.

Meskipun sebenarnya pasar saham saat ini juga sedang memerah secara luas. Pada waktu yang sama, Yen tidak mampu memanfaatkan keadaan dan tetap saja dalam tekanan. Kemungkinan lautan merah pasar saham lebih disebabkan kenaikan imbal hasil.

Sementara itu beberapa jam kedepan, USDJPY hari ini mungkin akan cenderung stabil. Karena bagaimanapun juga pasar akan sangat bersikap hati-hati menjelang data utama AS nanti malam. AS akan merilis data mengenai Non Farm Payrolls yang sangat diperhatikan.

Apalagi pada hari rabu kemarin data ADP ketenagakerjaan dilaporkan dengan hasil yang mengecewakan. Dari sisi lain, pergerakan imbal hasil obligasi Treasury AS juga akan terus diamati dengan seksama. Karena itu juga bisa menggerakan pasar dengan signifikan.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.