USDJPY Melonjak Meski Setelahnya Stabil Pasca Keputusan Presiden Erdogan Pada Bank Sentralnya

Saat setelah pembukaan pasar kawasan Asia, USDJPY hari ini masih stabil dan belum menampilkan kejelasan arah berikutnya. Walaupun pembukaan tadi pagi di hari Senin (22/3) telah mengirimkan pasangan terbang dari gap bearish di 108,57 menuju ke puncak harian pada 108,93.

Gejolak Karena Bank Sentral Turki

Volatilitas di pasar Asia beberapa waktu terakhir terjadi setelah adanya laporan terbaru dari Turki. Presiden Erdogan dilaporkan mengganti Gubernur bank sentral dengan sosok yang baru. Erdogan sendiri menurut pendapat pasar akan menggantikan jabatan itu dengan orang yang kritis pada suku bunga yang tinggi dan melepas orang yang hawkish dan mendukung suku bunga tinggi.

Pasca laporan itu memang Yen Jepang mencatatkan penguatan yang signifikan. Penyebabnya adalah karena para investor individu di kawasan Jepang membeli mata uang Lira. Pembelian dilakukan karena suku bunga tinggi akan dipaksa untuk memangkas kerugian dan menutup posisinya. Namun setelah itu, kekhawatiran terjadinya guncangan tambahan pada pasar keuangan justru menguntungkan bagi mata uang Dolar AS dan membawa USDJPY hari ini naik.

Dukungan lain yang bisa memperpanjang aksi penguatan Dolar AS adalah pembaruan arah imbal hasil obligasi Treasury AS. Setelah turun cukup dalam, sekarang yield Treasury AS itu berusaha kembali naik lebih tinggi. Ini tetap bisa terjadi karena pasar melihat ekonomi kawasan AS bisa bangkit dari perlambatan setelah dana stimulus AS dirilis.

Para pelaku pasar dan investor selanjutnya akan mencoba mencari petunjuk arah pergerakan USDJPY hari ini dari dinamika sentimen risiko. Kemudian beberapa pidato yang disampaikan anggota FOMC juga akan dinantikan pasar.

Karena bagaimanapun pidato itu akan memberikan gambaran kondisi perekonomian AS. hari ini juga hampir tidak ada rilis data ekonomi yang relevan dan kuat. Sehingga fokus hanya akan tertuju ke beberapa peristiwa utama.

 

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.