USDJPY Memperpanjang Bearish Meski Masih Dibayangi Gelombang Tambahan Virus Corona Di Jepang

Di sesi awal kawasan Asia hari Jumat (16/4), pasangan USDJPY hari ini terpantau mencatatkan penurunan yang lebih dalam. Dengan aksi ini, maka pasangan terus mencetak bias bearish selama lima hari tanpa jeda. Meski sempat ada nada pembelian ketika sampai nilai tukar 108,61. Mata uang Yen Jepang menerima keuntungan setelah survei Tankan mengesankan bergabung dengan beberapa katalis lainnya.

Sentimen Positif Jepang

Sentimen dari para produsen Jepang terus menguat ke puncak dua tahun sesuai dengan jajak pendapat yang dilakukan Reuters. Hasil ini juga semakin membantu data optimis dari Jepang yang disampaikan. Walaupun begitu BoJ tetap saja akan melonggarkan kembali kebijakan jika memang dibutuhkan. Mengingat beberapa wilayah di Jepang kembali mengalami serangan pandemi yang mengkhawatirkan.

Kinerja USDJPY hari ini juga akan memperhatikan bagaimana hasil pertemuan Presiden Biden dan PM Suga nanti malam. Berdasarkan berita pembaruan, kedua negara ini akan melakukan pembahasan terkait permasalahan China. Selain itu pertemuan lain juga akan membahas maslah teknologi 5G yang bernilai sangat besar.

Memang sebelumnya sejak Kamis kemarin hubungan AS dan China terus memanas. Apalagi pertemuan hari ini jika memang AS dan Jepang membahas masalah China, maka bisa membuat hubungan semakin memanas. Bagaimanapun ini bisa menjadi katalis penggerak bagi USDJPY hari ini.

Pelemahan di sekitar Dolar AS beberapa waktu terakhir sepertinya telah mengabaikan nada kenaikan di sekitar imbal hasil obligasi Treasury AS. Pasalnya yield Treasury tersebut berhasil bangkit dari titik paling rendah sebulan terakhir. Sayangnya ini gagal membantu Dolar AS untuk mengambil alih pergerakan.

Padahal beberapa aset berisiko global juga sedang terpantau dalam kenaikan seperti Nikkei 225 melonjak 0,21%. Di susul oleh indeks S&P 500 yang juga masih bertahan di puncak. Berikutnya pasar akan menanti pertemuan AS-Jepang dan data sentimen konsumen AS.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.