USDJPY Memulihkan Diri Setelah Pertemuan BoJ, Kenaikan Dibatasi Optimism Dana Stimulus

Saat menjelang pembukaan pasar Eropa hari Jumat (18/12) mata uang Dolar AS berjuang sekuat tenaga memulihkan diri melawan Yen Jepang. Kondisi itu membuat USDJPY hari ini mengalami kenaikan sampai menuju ke sekitar nilai tukar 103,50. Memang mata uang Dolar AS saat ini mampu mendominasi pergerakan melawan beberapa mata uang utama global.

Sebelumnya USDJPY mengalami pelemahan yang sangat signifikan sekali sampai menuju ke titik paling rendah dalam sembilan bulan terakhir. Pelemahan indeks Dolar AS di tengah optimisme dana stimulus membantu Yen Jepang mendominasi pergerakan. Namun pada akhirnya hari Jumat ini pasangan menjauh dari terendah dan berusaha pulih lebih tinggi lagi.

Kebijakan Terbaru BoJ

Salah satu dorongan yang membantu Dolar AS mendominasi di atas Yen Jepang adalah keputusan kebijakan moneter terbaru dari BoJ. Pada pertemuan itu, bank sentral Jepang memutuskan untuk memperpanjang program yang khusus. Tujuannya agar bisa mengurang tekanan dari usaha pembiayaan perusahaan asal Jepang.

Selai itu BoJ juga memutuskan tidak mengubah target imbal hasil obligasi pemerintah dalam jangka 10 tahun di level 0%. Sementara itu untuk target suku bunga dalam jangka pendek adalah berkisar pada level -0,1%. Melihat keputusan ini nada penjualan terhadap mata uang Yen Jepang langsung mendominasi dan membawa USDJPY hari ini jadi lebih tinggi.

Pada acara pernyataan kebijakan beberapa waktu terakhir, Gubernur BoJ Kuroda mengatakan pengendalian kurva yield Treasury sudah berfungsi naik. Bank sentral tidak ada rencana untuk melakukan peninjauan pada kebijakan suku bunga negatif. Selain itu Kuroda menambahkan agar bisa mencapai target 2% membutuhkan jangka waktu yang lebih lama lagi. Meskipun itu membawa USDJPY naik, Dolar AS akan tetap tertahan oleh optimisme dana stimulus dari pemerintah AS.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.