USDJPY Naik Ringan, Arah Risiko Akan Menentukan Selanjutnya

Pergerakan pasangan mata uang USDJPY hari ini mengalami kenaikan sangat ringan berada di sekitar titik paling tinggi dalam harian di sekitar 105,48 atau naik 0,06%. Kenaikan USDJPY sepertinya juga sangat terbatas ketika belum ada katalis penggerak yang jelas untuk sesi-sesi Asia hari Senin (19/10) awal pekan perdagangan.

Kenaikan kecil USDJPY disebabkan oleh adanya nada risiko global yang mengalami penguatan. Nada risk on mendominasi ketika Presiden Trump mendorong naiknya harapan dana stimulus ekonomi pemerintah AS. Ungkapkan terbaru Trump mengenai vaksin juga berhasil memancing minat pasar terhadap aset berisiko global. Sayangnya ancaman lonjakan kasus di kawasan Eropa masih akan membatasi kenaikan ringan.

Upaya Trump Terhadap Pasar

Pada awalnya Presiden Trump memilih menolak dana stimulus yang dibicarakan antara Demokrat dan Republik. Sehingga menimbulkan hilangnya peluang kemenangan Trump melawan Joe Biden di pemilihan Presiden AS. Langkah terbaru bisa mengalihkan arah tuduhan bahwa bukan dirinya yang menyebabkan dana itu gagal mencapai kesepakatan. Berita terbaru mengatakan Trump ingin proposal dana stimulus paling besar dari Nancy Pelosi.

Kemudian dia juga sempat menyinggung bahwa vaksin virus Corona bisa segera keluar. Pasca semua pernyataan yang positif ini, USDJPY hari ini naik ringan bersama kenaikan Nikkei 225 yang mencapai 1,0% bersama dengan kontrak berjangka S&P 500 sebesar 0,50%.

Meski begitu, USDJPY hari ini yang naik masih terancam akan anjlok akibat beberapa masalah yang membebani sentimen risiko global. Brexit Uni Eropa dan Inggris masih belum ada kepastian apapun setelah KTT Uni Eropa tidak berhasil mengeluarkan keputusan. Terlebih lagi saat ini kawasan Eropa juga melaporkan kenaikan kasus yang sangat besar. Bahkan diklaim lebih tinggi dari pandemi gelombang pertama kemarin dan memancing pembelian safe haven Yen Jepang.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.