USDJPY Sempat Naik, Beberapa Masalah Masih Menahan Aksi Bullish

Di sesi awal Asia tadi pagi, USDJPY hari ini mampu berupaya memulihkan diri dari pelemahan tajam yang terjadi beberapa hari terakhir. Meski sempat bullish, namun pasangan telah memangkasnya dan turun menuju ke nilai tukar 103,35. Sepertinya pergerakan USDJPY baru-baru ini terjadi setelah adanya berita dana stimulus ekonomi AS. Walaupun masih ada beberapa masalah yang membebani seperti peluang hard Brexit yang besar dan munculnya varian baru virus Corona.

Katalis Hari Ini

Setelah dalam pembicaraan yang sangat lama sekali, pada akhirnya Kongres AS telah menyetujui dana stimulus tersebut. Berita itu sepertinya mendorong minat pasar terhadap aset-aset berisiko global. Walaupun juga ada berita yang membuat USDJPY hari ini untuk kembali dalam posisi bearish di hari Senin (21/12).

Dari Jepang, PM Suga dilaporkan memerintahkan agar Kantor Keuangan menjaga nilai tukar Yen Jepang agar bertahan di atas 100,00 terhadap Dolar AS. Berita yang disampaikan oleh Nikkei itu membuat adanya spekulasi akan ada penjualan Yen Jepang dalam jumlah yang besar. Tentu hal ini bisa membawa USDJPY menjadi naik lebih tinggi lagi.

Kemudian berpindah ke Inggris, selama pembicaraan akhir pekan kemarin antara Inggris dan Uni Eropa masih gagal mencapai kesepakatan. Kedua pihak tetap tidak bisa menyelesaikan perbedaan pada masalah perikanan dan juga playing field. Bahkan dilaporkan juga Parlemen Uni Eropa tidak ada tujuan memberikan kesepakatan di 2020 ini.

USDJPY hari ini masih mendapatkan beban ketika laporan terbaru menyebutkan virus Corona telah bermutasi. Di negara kawasan Eropa seperti Inggris, Turki dan Kanada, virus Corona telah menjadi varian baru dan memicu adanya kekhawatiran pasar global. Sementara itu untuk pergerakan USDJPY selanjutnya akan menunggu berita masalah Brexit dan juga virus Corona.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.