Yuan China Melemah, USDCNH Bangkit Dari Terendah Akhir 2018

Pasangan mata uang USDCNH dalam bias kenaikan saat sesi Asia berlangsung hari Kamis ini (22/10). Yuan China hari ini mengalami pelemahan ketika Dolar AS dalam pembelian karena aksi risk off pasar global. Walaupun sebelumnya pasangan sudah mengalami penurunan menuju ke lembah sejak akhir tahun 2018 lalu. Para pelaku pasar dan investor saat ini tampak sangat mengawasi konflik geopolitik terbaru, kondisi perekonomian dan pandemi yang masih memburuk di dunia.

Katalis Penggerak Hari Ini

Mengenai pandemi, saat ini sebagian negara bagian Amerika Serikat mengalami lonjakan kasus yang paling tinggi setiap bulannya. Kemudian masalah geopolitik datang ketika FBI merilis laporan adanya intervensi Rusia dan Iran pada pemilihan Presiden AS. Tantangan masalah Brexit juga membuat permintaan Yuan China hari ini melemah.

Dilansir dari Reuters, banyak yang khawatir ekonomi China akan lebih unggul dibandingkan dengan Amerika Serikat di masa yang akan datang. Spekulasi ini datang ketika China mampu mendorong ekonominya untuk bangkit dna AS masih dalam perlambatan yang suram.

Akibat semua masalah itu membuat sebagian besar aset-aset berisiko mengalami pelemahan. Kontrak berjangka dan saham Asia mengalami penurunan yang cukup besar sampai 1,0% beberapa waktu terakhir. Sementara itu indeks Dolar AS mampu bangkit dan membuat Yuan China hari ini tidak mampu melawannya.

Banyak yang menilai bahwa hubungan antara AS dan China akan bisa membaik jika Joe Biden menjadi Presiden AS dan mengalahkan Trump. Adanya penilaian bisa membantu aset-aset berisiko untuk naik kembali.

Sementara itu untuk arah pergerakan USDCNH selanjutnya mungkin akan fokus pada dinamika sentimen risiko global. Mengingat sedikitnya rilis data ekonomi yang mampu menjadi katalis penggerak. Berita geopolitik, virus Corona dan politik AS akan terus diperhatikan oleh pasar global.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.