Yuan China Menguat Meski Inflasi Suram dan Risk Off Menguasai Pasar Global

Pergerakan di sekitar pasangan mata uang USDCNH hari ini mampu mengalami penurunan. Mata uang Yuan China hari ini mampu mematahkan dominasi Dolar AS dan menyeret pasangan lepas pantai menuju ke 6,7120 dari sebelumnya di 6,7135. Bahkan para pembeli mata uang Yuan China tampak mengabaikan pernyataan dari PBoC mengenai intervensi yang akan dilakukan dan juga data inflasi yang mengecewakan.

Beberapa saat setelah pasar China dibuka, bank sentral China atau PBoC memberikan pernyataan mengenai kebijakan moneternya. PBoC memutuskan untuk menyuntikkan dana Fasilitas Pinjaman Jangka Menengah satu tahun. Apa yang diambil oleh PBoC ini sesuai dengan beberapa komentar dovish sebelumnya. Selain itu juga senada dengan beberapa bank sentral global yang juga dovish seperti RBA, RBNZ dan juga BoJ.

Data Suram China Diabaikan

Sementara itu mengenai data China yang diabaikan Yuan China, data mengenai indeks harga konsumen turun sampai ke 1,7%. Data ini secara otomatis lebih suam dari prediksi awal di 1,8% dan laporan bulan sebelumnya yang berada di 2,4%. Sebelum data IHK, data IHP juga sangat mengecewakan pasar global. Data itu anjlok ke -2,1% lebih buruk dari prediksi awal yang hanya di -1,8%.

Walaupun data dalam negeri cukup mengecewakan, namun Yuan China hari ini tetap mendominasi memanfaatkan pelemahan permintaan Dolar AS. Salah satu beban yang dibawa Dolar AS adalah masalah stimulus ekonomi. Pasalnya Kongres AS untuk kesekian kalinya kembali gagal menawarkan dana stimulus ekonomi di tengah pandemi ini.

Meski Yuan China hari ini menguat, beberapa aset berisiko tampak dalam pelemahan. Kontrak berjangka S&P 500 mengalami penurunan 0,30% bersama dengan beberapa saham Asia. Dari kondisi ini dikhawatirkan dominasi Yuan China tidak akan bertahan lama. Mengingat aset berisiko global dalam pelemahan.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.