AUDUSD Ikut Naik Mengikuti Arah Sentimen Risiko Global

AUDUSD hari ini bergerak menjadi lebih tinggi di sesi Asia hari Selasa (29/12). Dolar Australia menerima keuntungan ketika Dolar AS mencatatkan pelemahan yang signifikan. Hal ini membantu AUDUSD untuk terjun menuju ke nilai tukar 0,7600.

Sementara itu pada hari sebelumnya Dolar Australia sempat melemah dan membuat AUDUSD menjauh dari puncak tertinggi sepekan terakhir. Kemudian di hari Selasa ini Dolar Australia mendapatkan dorongan yang cukup kuat. Pendukung utamanya adalah berita terbaru mengenai RUU stimulus ekonomi AS. Berita itu memicu optimisme dan memancing nada penjualan terhadap safe haven Greenback.

Sentimen Risiko Kuat Karena Optimisme

Tadi pagi, DPR AS memutuskan meningkatkan jumlah cek yang akan diberikan kepada warga AS menjadi $2.000. Bantuan itu sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Trump sebelumnya. Peningkatan itu menyebabkan para pelaku pasar dan investor global merasa sangat senang dan berharap ekonomi AS bisa bangkit lebih cepat.

Berita lain yang menghidupkan optimisme dan meningkatkan permintaan aset berisiko adalah kesepakatan Brexit yang semakin maju. Walaupun pemerintah Inggris sebenarnya masih belum mengesahkan kesepakatan itu menjadi UU. Karena masih ada perdebatan mengenai rincian akhir dari kesepakatan Brexit.

Pergerakan AUDUSD hari ini tampak berusaha untuk mencetak kenaikan yang lebih tinggi lagi di atas 0,7600. Walaupun di hari Selasa ini volume perdagangan masih sangat tipis menjelang tutup tahun 2020. Hal ini mungkin akan menyebabkan AUDUSD tertahan dari upaya kenaikan yang lebih tinggi lagi. Target selanjutnya mungkin akan berkisar di sekitar 0,7620 sampai 0,7625.

Sementara itu berita yang akan ditunggu adalah pembaruan arah sentimen risiko global. Sebab hari ini sangat sedikit sekali rilis data ekonomi utama global. Sehingga fokus hanya terbatas pada beberapa masalah utama  termasuk di antaranya berita stimulus ekonomi AS dan juga masalah Brexit.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.