AUDUSD Mampu Naik Mengambil Sinyal Dari Pidato Presiden Biden dan Risk On

Saat sesi Asia di hari Jumat ini (12/3) pasangan mata uang AUDUSD hari ini terpantau mengalami kenaikan yang baik. Pasangan melonjak sampai menuju ke nilai tukar 0,7800 atau mewakili bias bullish 0,10%. Salah satu katalis yang telah membantu Dolar Australia mendominasi pergerakan adalah berita pidato terbaru dari Joe Biden. Kemudian katalis stimulus AS $1,9T juga turut membantu pasangan naik dalam empat hari tanpa jeda.

Pada kesempatan pidato itu, Presiden Joe Biden menampilkan kesiapannya memulihkan ekonomi lebih cepat. Selain itu juga juga memberikan janji mengenai vaksin virus Corona bagi semua warga AS dewasa pada 1 Mei mendatang. Dia menambahkan kondisi aktivitas bisa normal kembali pada Juli 2021. Sayangnya meskipun diselimuti optimisme, pasar masih memandang sisi negatif ketika adanya kekhawatiran pada status pekerjaan.

Pada pidato itu juga, Presiden Biden memberikan sinyal perbaikan hubungan dengan sekutunya di kawasan Asia. Katalis lain yang membantu AUDUSD hari ini dalam kenaikan adalah laporan terbaru dari Novavax yang menyebutkan vaksin mampu melawan varian Inggris.

Risk On Dibatasi Kekhawatiran

Berpindah ke permasalahan lain, pemberi pasokan Huawei yang mengalami kesulitan dan kebencian Aussie pada pelanggaran HAM di Hong Kong menantang risiko. Selain itu kawasan Eropa tampak masih sangat kesulitan untuk memulihkan diri dari pandemi. Karena AstraZeneca menyatakan tidak mampu memenuhi permintaan vaksin dari kawasan tersebut.

Aksi AUDUSD hari ini yang naik tampak terlihat juga ketika aset-aset berisiko dalam posisi hijau seperti indeks S&P 500. Arah imbal hasil AS yang naik ringan mungkin akan membatasi aksi bullish Dolar Australia. Berikutnya pasar akan menanti laporan data mengenai sentimen konsumen Michigan AS. Kemudian dinamika sentimen risiko pasar juga akan ditunggu untuk penggerak jangka pendek.

 

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.