AUDUSD Menjauh Dari Kenaikan Karena Dolar AS Menguat

Mendekati pasar Eropa dibuka, pasangan AUDUSD hari ini justru mencatatkan penurunan cukup besar. Permintaan pembelian terhadap Dolar Australia turun sampai 30 pips dan menjauhkan pasangan dari puncak pergerakan harian. Saat ini pasangan sudah mencapai titik paling rendah harian pada sekitar nilai tukar 0,7750.

Sebelumnya ketika sesi awal Asia tadi pagi, hari Senin (15/3), pasangan AUDUSD hari ini terpantau mengalami kenaikan yang impresif. Para pembeli mulai berdatangan menuju ke aset-aset berisiko termasuk Dolar Australia. Pada akhirnya pembelian aset berisiko mampu membantu AUDUSD untuk memulihkan diri dari penurunan pekan lalu.

Serangkaian Katalis Hari Ini

Katalis pertama yang membantu AUDUSD menguat adalah data ekonomi China, pelanggan utama Australia yang membaik. Data mengenai penjualan eceran mencatatkan pemulihan bersama dengan data produksi untuk sektor industri. Kedua data yang menggembirakan itu diklaim telah menutupi lonjakan pengangguran yang dilaporkan baru-baru ini dan Investasi Aset Tetap yang suram.

Dari sisi lain, harapan pemulihan ekonomi justru memberikan keuntungan bagi Dolar AS. Seharusnya sentimen pasar yang optimis ini lebih membantu Dolar Australia dan membawa AUDUSD hari ini terbang lebih tinggi. Dolar AS kembali dicari ketika ekonomi AS bisa bangkit pasca pengesahan dana stimulus AS kemarin.

Meskipun turun, banyak yang menilai aksi berikutnya akan tetap terbatas. Karena para pelaku pasar dan investor akan mengalihkan perhatiannya pada pertemuan FOMC yang berlangsung pekan ini. Pada pertemuan itu akan ada gambaran bagaimana kondisi ekonomi AS dan juga proyeksi langkah kebijakan kedepannya.

Untuk pergerakan AUDUSD hari ini, pasar akan menantikan pembaruan arah sentimen risiko global. Dinamika Dolar AS dan imbal hasil obligasi juga akan terus diamati karena minimnya katalis data ekonomi untuk hari Senin di awal pekan pertukaran.

 

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.