AUDUSD Naik Lebih Tinggi Setelah Data Mengesankan dan Harapan Vaksin Meningkat

Saat sesi Asia masih berlangsung di hari Senin (23/11), pasangan mata uang AUDUSD hari ini mencatatkan kenaikan menuju ke puncak dalam harian. Pasangan bertahan di sekitar nilai tukar 0,7320 setelah adanya nada risk on yang berlaku. Selain itu Aussie juga merilis data ekonomi yang sangat memuaskan dan pada akhirnya membantu Dolar Australia naik lebih tinggi lagi.

Faktor Penggerak Hari Ini

Beberapa saat yang lalu, Aussie merilis data mengenai IMP sektor manufaktur Commonwealth Bank dengan hasil memuaskan. Data itu naik menuju ke 56,1 untuk laporan bulan November lebih tinggi dari harapn awal yang berada di 54,9. Lalu untuk sektor Jasa juga naik sampai 54,9 lebih tinggi dari prediksi di 53,8. Dengan ini, IMP Composite mampu jauh lebih tinggi dari data sebelumnya di 53,5 menuju ke 54,7.

Katalis lain yang membantu AUDUSD hari ini bullish adalah nada risiko global yang mengarah ke penguatan. Kontrak berjangka S&P 500 bersama ASX 200 mampu naik lebih tinggi dan membantu Dolar Australia bullish. Kemudian Bendahara Aussie menyampaikan isyarat akan ada pemangkasan pajak yang lebih lama lagi untuk bisnis di negara itu.

Dilain sisi, para pelaku pasar dan investor menaruh harapan yang tinggi pada vaksin virus Corona. Terlebih lagi pekan lalu Pfizer mengatakan vaksinnya efektif sampai 95% pada sebuah laporan tambahan.

Sayangnya di tengah sebuah optimisme yang membantu AUDUSD hari ini naik, masih ada beberapa masalah yang membebani. Masalah itu seperti perdebatan yang terjadi antara The Fed dan Kementerian Keuangan AS. Mereka berselisih pada masalah penarikan dana bantuan yang dilakukan Menkeu Steven Mnuchin. Beberapa data ekonomi AS mengenai IMP awal nanti malam mungkin bisa menawarkan peluang dalam jangka pendek.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.