AUDUSD Naik Meski Berisiko Terbebani Banyak Masalah

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini mampu bergerak dengan sangat baik di sesi Asia hari Senin (25/1). Mata uang Dolar Australia berhasil mengambil manfaat nada yang positif di sekitar saham Asia dan juga pasar berjangka AS. Selain itu beberapa aset berisiko global juga sedang dalam aksi bullish yang menguntungkan Dolar Australia.

Sampai saat ini, AUDUSD hari ini telah mencatatkan kenaikan sampai 0,25% membawa pasangan terbang ke nilai tukar 0,7732. Sementara itu saham berjangka AS S&P 500 juga bergerak menggembirakan dengan naik 0,30%. Di sesi awal pekan ini tampaknya pasar didominasi oleh risk on walaupun masih belum jelas kemana arah berikutnya.

Terbebani Pandemi dan Keraguan Stimulus

Bagaimanapun juga kenaikan AUDUSD hari ini harus bisa melawan beberapa bias negatif di pasar global yang belum mereda. Salah satunya adalah pandemi virus Corona di banyak negara yang belum memberikan pertanda perkembangan yang positif. Hal ini bisa membatasi aksi kenaikan Dolar Australia yang lebih tinggi lagi beberapa waktu mendatang.

Kemudian dilansir dari Reuters, para pelaku pasar dan investor merasakan keraguan atas rencana peluncuran dana bantuan virus Corona. Mereka merasa tidak begitu yakin apakah Joe Biden bisa menarik dukungan penuh untuk merilis paket bantuan yang nilainya sampai $1,9 Triliun. Sikap ragu ini akan membatasi pergerakan pasar sampai ada faktor yang meyakinkan kembali para investor.

Pada pekan ini para pelaku pasar dan investor akan memperhatikan rilis data Australia mengenai indeks harga konsumen untuk kuartal empat 2020 lalu. Data itu akan disampaikan hari Rabu dan bisa saja jika data turun akan menggagalkan upaya pemulihan ekonomi Australia. Kemudian juga secara otomatis memberikan konfirmasi atas bias dovish yang telah disampaikan oleh RBA pada pertemuan yang dilakukan sebelumnya.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.