AUDUSD Terjun Lebih Dalam Pasca Yuan China yang Melemah Akibat PBoC

Saat sesi Eropa berlangsung di hari Senin (12/10), pasangan AUDUSD hari ini seperti berusaha mempertahankan titik paling rendah terbarunya. Bahkan momentum bearish sepertinya akan bersiap-siap untuk menguji nilai tukar 0,7200. Walaupun hari Senin awal pekan perdagangan ini volume di pasar keuangan mungkin akan tipis. Mengingat beberapa pasar AS masih menikmati libur.

Pelemahan Yuan Menyiksa Dolar Australia

Sebelumnya pasangan AUDUSD terus berusaha memperpanjang momentum penurunan menjauh dari puncak dalam pergerakan harian di 0,7236. Adanya nada penjualan di sekitar mata uang Yuan Chian menjadi alasan utama Dolar Australia menderita kerugian. Yuan melemah pasca bank sentral China PBoC mengambil langkah kebijakan yang bertujuan menghentikan penguatan Yuan China. Karena dinilai merusak aktivitas ekspor negara tersebut.

Kebijakan yang diambil oleh PBoC tersebut adalah lembaga keuangan sudah tidak harus menyisihkan uang dalam bentuk tunai saat membeli mata uang asing dari klien melalui forward. Melihat kebijakan itu, pasangan USDCNH langsung mengalami kenaikan dan menyebabkan AUDUSD hari ini juga menerima tekanan. Adanya sikap stabil di sekitar harga emas di atas 1.900 juga dinilai menyebabkan kerugian bagi Dolar Australia.

Tapi untungnya penurunan di sekitar AUDUSD hari ini masih akan dibatasi dan tidak terlalu dalam. Mengingat salah satu aset berisiko yaitu kontrak berjangka S&P 500 mengalami kenaikan cukup baik di tengah nada risk off. Aset berisiko tetap menguat meski ada kekhawatiran lonjakan kasus virus Corona di dunia.

Untuk arah pergerakan AUDUSD hari ini akan terus berusaha mencari sinyal arah sentimen risiko. Mengingat hari ini pasar AS sedang libur sehingga membuat volume perdagangan akan terbatas. Tapi setiap pembaruan arah risiko kemungkinan akan mampu menjadi katalis penggerak AUDUSD beberapa waktu kedepan meski pasar AS libur.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.