Data Australia Mengesankan, AUDUSD Naik Menanti Arah Pasar Saham dan Yield Treasury

Saat sesi awal Asia tadi pagi, pasangan AUDUSD hari ini berhasil bergerak naik lebih tinggi hari Rabu (24/2). Mata uang Dolar Australia berhasil menemukan nada pembelian setelah indeks harga upah pada Q4 2020 mengalami kenaikan. Data itu biasa digunakan oleh bank sentral Australia dan Kementerian Keuangan untuk melakukan pengukuran pertumbuhan pengupahan pekerja.

Di lain sisi, para ahli ekonomi memprediksi tingkat pertumbuhan upah di 0,3% dalam QoQ pada kuartal terakhir 2020. Sementara itu data Q3 berada di 0,1% dengan data aktual Q4 naik sampai 0,6%. Data ini sangat mengesankan dan lebih tinggi dari harapan. Memberikan sinyal yang positif bagi ekonomi Australia dan mengirimkan AUDUSD hari ini terbang lebih tinggi.

Dalam basis tahunan, upah juga naik 1,4% dari harapan awal yang berada di 1,1% dan laporan sebelumnya pada 1,4%. Laporan pertumbuhan gaji yang baik didukung juga oleh laporan pengangguran yang turun pada hari sebelumnya.

Pasar Tetap Hati-hati

Meskipun AUDUSD hari ini naik pasca data, para pelaku pasar dan investor tetap berhati-hati. Saat ini pasangan telah mencatatkan kenaikan 0,15%. Kenaikan yang terbatas dihubungkan dengan tekanan pada bidang konstruksi untuk Q4 2020 kemarin. Data pekerjaan bidang itu turun 0,9% lebih rendah dari prediksi yang jauh pada 1,0%. Sementara pada kuartal sebelumnya turun jauh di -1,8%.

Penentu arah pergerakan AUDUSD berikutnya adalah pembaruan dari pasar saham dan juga imbal hasil obligasi Treasury AS. Ketika pasar saham naik dan yield Treasury AS turun, maka ada peluang yang besar bahwa Dolar Australia dan aset berisiko global dalam kenaikan. apalagi kemarin Fed Powell memberikan pidato ekonomi dengan nada yang dovish. Harapan dana bantuan AS juga akan diperhatikan dan bisa memancing risk on pasar.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.