Dolar Australia Tergelincir, RBA MembukaPeluang Pangkas Suku Bunga

Dolar Australia menurun lebih dari 0.3 % ke angka 0.7040 pada dolar AS memasuki sesi perdagangan hari saat launching notulen pertemuan kebijakan RBA.

Hasil dari rapat RBA menguatkan signal pemotongan suku bunga serta kenaikan Quantitative Easing dalam waktu dekat, hingga pelaku pasar secara bersamaan aksi jual Aussie. Ketertarikan efek pasar global semakin minim dan memberikan tekanan terhadap kurs AUD/USD.

Kondisi mata uang Dolar Australia mengalami penurunan

setelah Notula pertemuan RBA memperlihatkan jika beberapa pejabat bank sentra membahas kelonggaran moneter tambahan.

Disamping itu, pidato  Christopher Kent pagi tadi memperjelas jika bahwa bank sentra akan berusaha tingkatkan quantitative easing buat merangsang perekonomian.

Dia menjelaskan bagaimana taktik kebijakan ini akan difungsikan tidak akan mengubah keuntungan perbankan.

Satu langkah lebih baik pengembangan dalam neraca bank sentra akan mengantar pada permodalan tambahan untuk rumah tangga, beberapa perusahaan, atau pemerintahan, tegas Kent.

Potensial perombakan kebijakan RBA langsung melesat, berkenaan dengan launching notula serta pidato Kent. Hasil survey Reuters memperlihatkan 21 dari 25 ekonom memprediksi RBA akan memotong suku bunga sebesar 0.15 % ke 0.10 %  November 2020.

Pelaku pasar memprediksi RBA akan mengeluarkan program Quantitative Easing tradisionil dengan lakukan pembelian obligasi pemerintahan dari bermacam tenor untuk mendesak yield obligasi ke bawah sasaran sekarang ini yang sebesar 0.25 %.

Pasar menunjukkan sudah mempertimbangkan harapan kita mengenai pemotongan suku bunga utnuk saat ini.

Prediksi Pergerkaan AUD Hari Ini

Tapi kami memprediksi AUD kemungkinan mengalami beberapa tekanan tambahan karena keputusan itu, terutamanya bila RBA memotong suku bunga ESA dari +10 pangkal point jadi nol, tegas ekonom Zach Pandl dari Goldman Sachs.

Meskipun  sudah mereferensikan status long untuk pasangan AUD/USD, pandangan ini dapat tertekan oleh harapan kelonggaran moneter mendekati meeting RBA tanggal 2 November.

Background resiko selama beberapa minggu yang akan datang bisa selekasnya beruba positif untuk mata uang AUD bila kita akan terima kesepakatan vaksin di tahun akhir serta melihat partai Demokrat menang mutlak dalam pemilu AS. Kedua-duanya memiliki peluang setelah meeting RBA pada bulan November.

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.