Emas yang Bagus untuk Investasi, Cek Daftarnya!

Emas merupakan salah satu instrumen investasi terbaik yang banyak direkomendasikan orang selain investasi reksadana dan deposito. Bukan hanya emas batangan, logam mulia, dan emas perhiasan saja melainkan ada banyak jenis emas yang bagus untuk investasi jangka pendek ataupun jangka panjang.

Dahulu, orang hanya mengenal emas sebagai bahan utama untuk membuat perhiasan seperti cincin, gelang, atau kalung yang tepat untuk dijadikan tabungan atau investasi karena bentuk fisiknya yang indah dan bernilai cukup tinggi cenderung stabil.

Kini, sudah terlalu banyak bentuk emas yang bagus untuk investasi sehingga kita bisa melakukan diversifikasi investasi melalui jenis emas lainnya. 

Sebut saja dinar emas, koin emas, sertifikat emas, emas kuno atau emas lokal hingga saham perusahaan pertambangan emas bisa menjadi emas yang bagus untuk investasi.

Bahkan, berinvestasi melalui emas terbilang cukup menguntungkan dibandingkan investasi melalui deposito atau produk tabungan lainnya dari bank.

Jenis emas yang bagus untuk investasi

Ada 10 jenis emas untuk investasi yang bisa kita tentukan mana yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Emas perhiasan

Pilihan jenis emas untuk investasi yang pertama adalah emas perhiasan. Jenis yang satu ini sangat familier di kuping sejak dahulu kala. Sebab, wanita zaman dahulu sering menabung atau berinvestasi dengan membeli emas perhiasan.

Salah satu kelebihan berinvestasi melalui emas perhiasan adalah kemudahan mendapatkannya, hanya perlu datang ke toko emas terdekat. Kendati demikian, berinvestasi melalui emas perhiasan cocok digunakan sebagai investasi jangka panjang.

Saat kita menjual emas di kemudian hari, pihak toko emas hanya akan membayar harga emasnya saja sedangkan ongkos pembuatan emasnya tetap ditanggung oleh pembeli sehingga disarankan menjadikan emas perhiasan sebagai emas yang bagus untuk investasi jangka panjang.

Emas batangan

Emas batangan menjadi jenis emas untuk investasi karena kandungan emas murninya sebesar 99 persen. Emas batangan atau yang banyak orang kenal dengan sebutan logam mulia ini memiliki bentuk batang atau kepingan. Sekalipun ada pergerakkan harga emas, setidaknya sifat dasarnya masih cenderung bernilai tetap dan tidak berubah.

Koin emas

Emas yang bagus untuk investasi selanjutnya adalah koin emas. Jarang yang mengetahui keberadaan koin emas. Koin emas atau kon emas ONH (ongkos naik haji) memang diperuntukkan sebagai tabungan atau ongkos untuk naik haji.

Keuntungan investasi melalui koin emas adalah harganya yang relatif aman dari dari inflasi dan mengikuti harga mata uang asing yakni dolar Amerika Serikat sehingga bisa cukup menjanjikan untuk memberikan hasil yang maksimal.

Dinar emas

Semula, dinar emas dijadikan alat transaksi. Akan tetapi, berkembangnya zaman, kegunaan dan fungsinya mulai mengalami pergeseran menjadi salah satu emas yang bagus untuk investasi jangka panjang. Pasalnya dinar emas ternyata tahan terhadap inflasi, bernilai tetap tanpa terpengaruh oleh mata uang asing.

Emas kuno

Emas kuno termasuk ke dalam jenis emas untuk investasi karena selain memiliki nilai yang cukup tinggi juga memiliki nilai sejarah sehingga cocok untuk dijadikan koleksi dan instrumen investasi.

Emas lokal

Proses permunian pada emas lokal berada di daerah industri kecil atau industri rumah tangan di suatu daerah sehingga harga emas lokal akan berbeda dari daerah yang satu ke daerah yang lain.

Sertifikat emas

Sertifikat emas juga merupakan salah satu emas yang bagus untuk investasi. Sebab, kita hanya perlu menyimpan dokumen penting berupa sertifikat emas tanpa menyimpan emas dalam bentuk fisik. Emas dalam bentuk fisik akan disimpan oleh lembaga khusus yang mengeluarkan sertifikat emas tersebut.

Investasi dengan sertifikat emas ternyata memberikan keuntungan maksimal karena kita bisa bernapas lega. Pasalnya, pada jenis emas untuk investasi lainnya diperlukan tempat penyimpan khusus atau safe deposito box untuk menyimpannya.

Reksadana emas

Emas yang bagus untuk investasi selanjutnya adalah reksadana emas. Sebab, sama seperti sertifikat emas, kita bisa berinvestasi emas tanpa harus menyimpan emas fisiknya. kita akan berperan sebagai investor yang akan menanamkan modal kepada saham perusahaan perdagangan fisik emas dan perusahaan pertambangan emas.

Saham perusahaan pertambangan emas

Membeli saham perusahaan pertambangan emas juga menjadi salah satu bentuk emas yang bagus untuk berinvestasi. 

Sebab, di saat harga pasar emas sedang naik di saat itu juga harga saham perusahaan pertambangan emas akan ikut naik bahkan bisa melambung lebih tinggi dibandingkan harga emas itu sendiri sehingga sangat cocok untuk kita yang ingin berinvestasi dengan hasil yang tinggi.

Kontrak emas berjangka

Kontrak emas berjangka menjadi jenis emas untuk investasi yang unik dan baru. Cara kerjanya adalah emas yang ada akan diperjualbelikan sebagai komoditas pasar perdagangan berjangka atau future trading dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. 

Jadi, kita hanya perlu memiliki bukti administrasi kepemilikan atas emas tersebut tanpa menyimpan emas fisiknya.

Itulah beberapa jenis emas yang bagus untuk investasi yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan kita. Yuk, berinvestasi sejak dini.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.