EURUSD Kembali Naik Memulihkan Diri Setelah Menteri Keuangan Blok Mendorong Dukungan Fiskal

Menjelang pembukaan pasar Eropa di hari Selasa (19/1), EURUSD hari ini tampak mengalami kenaikan menuju ke sekitar nilai tukar 1,2100. Mata uang Euro berusaha untuk bisa terus mempertahankan nada pemulihan yang sudah dobangun sebelumnya. Sementara itu katalis utama yang membantu Euro mendominasi pergerakan diprediksi adalah suasana risk on di pasar global. Optimisme hadir ketika pasar meningkatkan harapan pada dana stimulus AS.

Optimis Dari AS dan Eropa

Selain itu mulai 20 Januari, kursi kepresidenan AS mulai akan dipegang oleh Joe Biden. Dengan ini juga harapan dana stimulus ekonomi yang jauh lebih besar terus meningkat. Apalagi Menkeu Biden yaitu J. Yellen yang juga mantan Ketua Fed, akan menekan Kongres AS. Agar mereka mau mengeluarkan dana stimulus yang jauh lebih besar lagi.

Sehingga semua langkah yang akan diambil oleh Yellen akan sangat diperhatikan oleh para pelaku pasar dan investor. Sesuai jadwal, pada hari ini dirinya akan menghadiri acara pengukuhan jabatan Menteri Keuangan AS yang baru, menggantikan Steve Mnuchin. Dihadapan para Senat AS, Yellen akan memberikan pidato yang diprediksi mampu menggerakkan pasar keuangan global. Ini akan membuat pasar berhati-hati dan bisa membatasi aksi kenaikan EURUSD hari ini.

Dari tempat lain, Menteri Keuangan negara di kawasan Uni Eropa, meningkatkan dorongan mendukung stimulus fiskal bagi perekonomian mereka. Dengan langkah itu maka diharapkan ekonomi negara anggota mampu kembali tumbuh pasca dihantam pandemi. Hal ini pada akhirnya juga membantu EURUSD hari ini mencatatkan kenaikan lebih tinggi.

Selanjutnya para pelaku pasar dan investor akan mulai mencari petunjuk dari dinamika mata uang Dolar AS. arah sentimen risiko mungkin akan berperan penting menggerakkan EURUSD berikutnya. Pidato dari Janet Yellen dan juga data mengenai survei ZEW Jerman akan ditunggu.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.