GBPUSD Masih Turun Ketika Pandemi Menjadi Beban Utama Inggris Selain Brexit

Menjelang pembukaan pasar Eropa hari Rabu (14/10) pasangan GBPUSD hari ini sepertinya berusaha mencari kejelasan arah pergerakan. Saat ini pasangan berada di sekitar nilai tukar 1,2935 setelah kemarin mencatatkan penurunan yang cukup suram. Dolar AS memulihkan diri ketika Pound sedang terbebani masalah Brexit dan juga pandemi virus Corona di Inggris.

Untuk pergerakan beberapa waktu selanjutnya di sekitar GBPUSD, para pelaku pasar dan investor akan fokus pada pertemuan PM Boris dengan Ursula dari Uni Eropa. Keduanya akan menjalin pembicaraan yang terkait dengan masalah kesepakatan Brexit yang masih penuh ketidakpastian. Kemudian pidato dari BoE Andy Haldane dan juga para pembuat kebijakan The Fed juga bisa menawarkan arah dalam jangka pendek.

Fokus Ke Masalah Brexit

Beberapa waktu terakhir antara Inggris dan Uni Eropa menjalin pembicaraan dengan hasil yang mengecewakan. Padahal sudah sangat dekat dengan habisnya masa transisi Brexit pada 15 Oktober mendatang. Meski begitu pasar melihat aksi Barnier yang terus berjuang mencegah hard Brexit. Terlebih seperti tidak ada ancaman dari PM Boris untuk meninggalkan kesepakatan ini dan mengharapkan akan ada kejutan di menit akhir batas transisi.

Selain melangsungkan pembicaraan dengan Ursula, PM Boris juga sudah berbicara dengan wakil Uni Eropa yaitu Angela Merkel dan juga Emmanuel Macron. PM Boris mengharapkan bahwa mereka bisa meredakan ancaman hard Brexit yang terus terbuka lebar.

Meski ada sedikit berita positif dari Brexit, GBPUSD hari ini maish terbebani oleh masalah pandemi virus Corona. Pasalnya Inggris melaporkan terjadi penambahan kasus baru yang tertinggi sejak Juni lalu sampai 17.234. Dinamika politik Inggris dalam penanganan virus ini akan terus menjadi perhatian dari sisi lain para investor global. Mengingat pemerintah menolak usulan oposisi untuk lockdown nasional dan cenderung pada lockdown lokal saja.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.