Harapan Pemulihan Ekonomi AS Meningkat, AUDUSD Terjun Bersama Risk Off Atas Serangan Minyak Arab Saudi

Senada dengan apa yang terjadi di sebagian besar pasar keuangan hari Senin ini (8/3), pasangan AUDUSD hari ini mencatatkan penurunan besar. Bahkan penurunan telah membawa pasangan menjauh dari swing high sekitar 30 sampai 55 pips. Dengan aksi ini juga pasangan telah turun menuju lembah terbaru harian di nilai tukar 0,7685.

Dolar Australia sebelumnya berhasil mencari minat pembelian di sesi tukar menukar awal pekan ini. pembelian sempat membawa pasangan AUDUSD hari ini bangkit dari titik yang paling rendah dalam sebulan terakhir dari 0,7620. Diprediksi aksi kenaikan itu terjadi ketika negara pelanggan utama Aussie yaitu China merilis data dengan hasil menggembirakan. China merilis data mengenai Neraca Perdagangan yang sangat kuat dari yang diharapkan sebelumnya.

Harapan Pemulihan Ekonomi AS

Aksi bullish Dolar Australia tidak mampu dipertahankan lebih lama lagi sampai menjelang pembukaan pasar Eropa. Pasalnya pada waktu yang sama, Dolar AS justru dalam kenaikan besar dan berkelanjutan. Untuk sekarang indeks Dolar AS bergerak naik sampai ke puncak paling tinggi tiga bulan terakhir.

Hal itu terjadi ketika para pelaku pasar dan investor menaruh harapan yang besar pada pemulihan perekonomian AS. Karena kemarin RUU dana stimulus AS sudah berhasil diloloskan dan akan masuk ke DPR untuk diambil suara. Apalagi data mengenai ketenagakerjaan AS bulanan Jumat pekan lalu juga memuaskan dan meningkatkan harapan pemulihan.

AUDUSD hari ini mungkin juga akan digerakkan oleh panasnya geopolitik global. Karena terjadi serangan yang menyasar fasilitas produksi minyak mentah di Arab Saudi. Pada akhirnya kondisi itu bisa membuat Dolar AS sebagai safe haven semakin menjadi incaran pasar. Berikutnya pasar akan terus mengatasi dinamika pergerakan yield obligasi Treasury AS. Karena itu akan berdampak juga ke mata uang Dolar AS seperti saat ini.

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.