NZDUSD Naik Meski Menjauh Dari Puncak Tahunan, Optimisme Global Masih Mendominasi

Pasangan mata uang NZDUSD hari ini berusaha menjauh dari puncak paling tinggi tahunan di pertengahan sesi Eropa hari Senin (14/12). Puncak itu sebenarnya sudah dibentuk sejak pekan lalu dan berhasil menutup pada pergerakan yang positif. Sayangnya kenaikan ke puncak paling tinggi April 2018 disekitar 0,7120 itu harus sirna. Walaupun mundur dari puncak, sejauh ini pasangan mampu mempertahankan bais bullish 0,53%.

Risk On Mendominasi Pasar

Salah satu pendukung yang membantu Dolar New Zealand unggul melawan Dolar AS adalah arah sentimen risiko global yang optimis. Kemudian posisi Dolar AS sendiri sampai sejauh ini masih bertahan dalam bias bearish yang lebih panjang. Pada akhirnya membantu NZDUSD hari ini memulai pekan dengan pergerakan yang mengesankan.

Risk on hadir ketika meluas berita yang menyebutkan Inggris dan Uni Eropa memperpanjang pembicaraan Brexit. Sehingga peluang hard Brexit yang sempat kuat mulai kembali lemah. Kenaikan permintaan aset berisiko terlihat ketika kontrak berjangka S&P 500 naik hampir 0,70% di hari Senin ini. Bahkan diprediksi indeks utama itu akan terus bergerak dalam bias bullish yang lebih tinggi.

Dukungan lain NZDUSD hari ini adalah Dolar AS yang lemah dan defensif. Sejak pekan lalu pergerakan indeks Dolar AS terus dalam pelemahan yang lebih dalam. Untuk saat ini indeks bergerak di sekitar nilai tukar 90,50. Optimisme pasar global pada akhirnya membuat permintaan aset safe haven Dolar AS dijauhi pasar. Optimisme itu datang juga dari vaksin virus Corona dan juga berita mengenai dan stimulus ekonomi AS yang semakin dekat.

Sementara itu untuk pergerakan selanjutnya mungkin akan lebih fokus ke pembaruan arah sentimen risiko global. Mengingat untuk hari ini hampir tidak ada data ekonomi utama yang mampu menjadi katalis penggerak. 

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.