NZDUSD Terbang Ke Puncak Juni 2018 Setelah Mendapat Banyak Dorongan

Saat sesi Asia hari Senin (30/11) Dolar New Zealand berhasil mencatatkan kinerja yang sangat mengesankan. Catatan positif itu pada akhirnya berhasil mengirim NZDUSD hari ini terbang menuju ke puncak Juni 2018 lalu di sekitar 0,7050. Dukungan utamanya adalah data ekonomi China yang dilaporkan dengan hasil sangat mengesankan.

Data dan Sentimen Menjadi Pendukung

Beberapa saat yang lalu, China merilis data mengenai IMP sektor manufaktur NBS yang mencatatkan kenaikan ke 52,1. Data itu lebih tinggi dari prediksi awal di 51,5 dan laporan sebelumnya yang berada di 51,4. Kemudian disusul oleh data IMP non-manufaktur dengan hasil yang juga sangat memuaskan. Data itu naik ke 56,4 dari prediksi awal di 52,1 dan laporan sebelumnya di 56,2.

Selain data China, NZDUSD hari ini juga terbantu oleh rilis data dalam negeri yang menggembirakan. Data mengenai angka keyakinan bisnis ANZ dilaporkan mencatatkan perbaikan menuju ke -6,9% dari sebelumnya yang berada di -15,6%. Sementara itu data prospek aktivitas juga pulih lebih baik dengan mencatatkan kenaikan ke 9,1% dari sebelumnya di 4,6%.

Tidak hanya itu saja, arah sentimen risiko global yang sedang berlaku juga tampak menukung NZDUSD hari ini naik lebih tinggi. Sentimen risk on berlaku ketika banyak yang menaruh harapan terhadap vaksin virus Corona. AS, Inggris dan Eropa diprediksi akan menyetujui vaksin tersebut. Namun masalah perdagangan yang terjadi antara AS dan China setra Australia dan China akan menantang risk on yang sedang berlaku.

Kontrak berjangka bersama saham Asia bergerak naik mengkonfirmasi nada positif Dolar New Zealand. Sehingga melihat kondisi ini, penggerak selanjutnya akan fokus pada dinamika sentimen risiko. Jika pasar saham turun maka bisa saja pasangan NZDUSD juga mematahkan beberapa kenaikan ini. Meski Dolar AS masih dalam bias pelemahan lebih dalam.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.